Andalusia (5) – keindahan kota Cordoba dan Mesquita

Abu Walid Muhammad bin Rusyd lahir di Kordoba Andalusia, pada tahun 1128M–1192M. Ayah dan kakek Ibnu Rusyd adalah hakim-hakim terkenal pada masanya. Ibnu Rusyd kecil sendiri adalah seorang anak yang mempunyai banyak minat dan talenta. Dia mendalami banyak ilmu, seperti kedokteran, hukum, matematika, dan filsafat. Ibnu Rusyd mendalami filsafat dari Abu Ja’far Harun dan Ibnu Baja.
Ibnu Rusyd adalah seorang jenius, dengan pengetahuan ensiklopedik. Masa hidupnya sebagian besar diberikan untuk mengabdi sebagai “Kadi” (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat, Ibnu Rusyd dikenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang mempengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St Thomas Aquinas. Banyak orangg mendatangi Ibnu Rusyd untuk mengkonsultasikan masalah kedokteran dan masalah hukum

Didepan Universitas Cordoba, dipasang didepan pintu gerbang masuk utama di gedung universitas. Dindingnya dari batu bata kuno tapi terpelihara, bersih, tidak kumuh, berbeda dengan dinding2 batu bata di University of Oxford di Inggris.

patung Ibnu Rusyid

patung Ibnu Rusyid

kota Cordova, tua rapih cantik bersih unik

kota Cordova, tua rapih cantik bersih unik

kota Cordova, tua antik bersih rapi teratur unik

kota Cordova, tua antik bersih rapi teratur unik

Lorong2 jalan di Cordoba, di perumahan para penduduk Cordoba, mirip seperti lorong2 jalan dikota Medinah, tempat tinggal orang2 Arab. Lorong itu nampak terpelihara dan bersih, dengan pot bunga warna warni yang dihiaskan dan ditempelkan didinding. Bersih, teratur, rapih. Banyak turis yang datang hanya menonton lorong jalan Cordoba. Lorong bias menjadi atraksi turus yang menarik. Mengherankan sekali.

lorong di Cordova, dikunjungi turis

lorong di Cordova, dikunjungi turis

lelah keliling lorong di Cordova

lelah keliling lorong di Cordova

Mesquita adalah gereja katholik di Cordoba. Nama yang asli adalah masjid Cordoba. Sangat luas, sangat besar dan sangat indah sekali. Pertama dibangun tahun 787 oleh Khalifah Abdurahman I. Diperbesar dan diperlebar beberapa kali oleh para penerusnya. Waktu tentara muslim takluk ke tentara Kristen, maka masjid diserhkan ke tentara Kristen. Oleh orang Kristen, dibangunlah gereja kathedral didalam bangunan masjid. Hanya menempati sebagian dari masjid, karena masjidnya memang sangat luas sekali. Oleh Unesco Mesquita ditetapkan sebagai peninggalan bersejarah yang sangat penting didunia, yang harus dilestarikan. Didepan masjid dibangun menara gereja dengan beberapa lonceng besar. Sangat indah sekali. Foto di klik.

About these ads

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan2 ke luar negeri and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s