Minum teh (1)

Minuman apa yang paling populer di masyarakat? Jawabannya adalah minuman yang terbuat dari teh. Teh adalah jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi manusia dewasa di muka bumi ini, termasuk Indonesia . Pagi hari sebelum memulai kegiatan, hampir setiap orang dewasa minum minuman teh hangat, sebagai pembuka. Ini rutin dilakukan. Di kantor pun minuman yang paling banyak diminati adalah teh, baru disusul kopi dan air putih. Minum teh, sangat nikmat ketika masih hangat dan bisa menyegarkan tubuh dan pikiran. Maka tak berlebihan, jika teh dijuluki minuman rakyat. Penggemarnya mulai dari orang desa hingga orang kota dan bisa dinikmati di mana saja, di warung pinggir jalan, di restoran dan di hotel berbintang lima, rumah gubuk yang reyot, rumah biasa, rumah gedongan nan mewah. Kata iklan Sosro, apa pun makanannya, teh adalah minumannya. Namun, selama ini minum teh lebih ditujukan untuk kenikmatan dengan menambahkan gula atau susu pada air seduhannya, termasuk saya sendiri. Sejak lahir saya sudah minum teh, waktu masih tinggal di Pati, di Realino Yogya, di Jakarta dan dikota lain minuman utama saya adalah teh . Demi untuk kenikmatan saya perlu menambah gula. Berbeda dengan masyarakat Cina dan Jepang, mereka mengkonsumsi teh untuk kenikmatan dan untuk mendapatkan khasiat dari teh yang menyehatkan. Karena itu mereka meminum tehh tanpa menambah gula, namanya tehh tawar. Akhir2 ini saya merubah cara saya menikmati minuman teh, sekarang sesudah menyedu tehh dan langsung diminum tanpa gula dan masih hangat.

Apa benar teh itu bisa menyehatkan? Apa sih isi kandungan teh itu Masyarakat Cina dan Jepang sudah ribuan tahun meyakini bahwa minum teh dapat menetralisasi kadar lemak dalam darah, yaitu setelah mereka mengkonsumsi makanan2 yang mengandung lemak. Mereka juga percaya, minum teh dapat melancarkan air seni, menghambat diare dan sederet kegunaan lainnya. Seiring dengan perkembangan ilmu pangan yang makin maju, khasiat minum teh pun makin banyak diketahui. Hal ini mendongkrak konsumsi teh dari tahun ke tahun. Di Inggris misalnya mencapai 2,5 kg/kapita/ tahun, di Irlandia bertengger pada angka 3,5 kg/kapita/tahun, Pakistan dan India berturut-turut pada posisi 1,0 kg dan 0,6 kg/kapita/tahun Bagaimana dengan Indonesia , ternyata masih sangat rendah konsumsinya, yakni baru mencapai 0,2 kg/kapita/tahun. Tak sampai 10 persen dari konsumsi masyarakat Inggris. Padahal , Indonesia merupakan penghasil teh kelima terbesar di dunia setelah India, Cina, Sri Lanka dan Kenya. Diduga penyebab rendahnya tingkat konsumsi teh di Indonesia karena masyarakat belum banyak yang tahu tentang khasiat teh bagi kesehatan.

Walau minum teh sudah menjadi semacam budaya setidaknya di kalangan masyarakat Indonesia terutama Jawa, namun teh belum menjadi primadona untuk masyarakat kebanyakan di Indonesia, masih ada generasi muda yang lebih banyak memilih soft drink seperti coca cola, fanta, pocari sweat, akibat dahsyatnya iklan2 minuman ringan tersebut. Teh botol Sosro, fruit tea dll itu minuman ringan yang memiliki rasa teh, ada beberapa merk yang rasanya tehh tetapi itu bohong, bukan teh yang sebenarnya. Hanya mampu menghilangkan rasa haus, tapi manfaat kesehatan nya tidak ada. Essence dengan rasa teh bohongan itu bisa dibeli di pabrik Essence di Otista Jakarta.

Teh itu ada yang disebut teh wangi, ada tehh hitam dan ada tehh hijau. Ketiganya kurang lebih sama kandungannya serta manfaatnya, yaitu
o Kafein. Yang mampu membantu merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan energi, memperkuat jantung, serta memperbaiki sistem pembuangan dalam urine.
o Katekin dan Senyawa turunannya. Zat2 ini merupakan zat flavonoid atau metabolit sekunder dalam tehh. Kalau seseorang minum tehh secara teratur dan terus menerus, maka zat katekin dan antibody senyawa turunannya mampu mencegah pembentukan sel-sel kanker dan membunuh pertumbuhan sel-sel kanker. Orang Jepang dan China selalu menyediakan tehh, yang ditaruh dipoci dan cangkir2 kecil yang mungil. Tanpa gula, tanpa susu, rasanya sepet2 tawar karena biasanya jenis tehh hijau.
o Vitamin. Teh mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin B, C, E, dan K, yang membantu dalam proses antioksidasi, mencegah gusi berdarah, serta mencegah pertumbuhan sel2 kanker.
o Mineral. Teh juga mengandung zat mineral, yaitu fosfor, potasium, kalsium, magnesium, mangan, aluminium, sulfur, dan fluor. Mineral-mineral ini berguna dalam pembentukan sel dan enzim tubuh, mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan mengatur mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.
o Asam Amino. Di dalam teh terdapat 25 jenis asam amino yang berfungsi sebagai pembentuk protein serta penunjang metabolisme tubuh. Orang China dan jepang yang sudah puluhan tahun meminum tehh umumnya sangat stabil dalam metabolisme tubuh, mencegah kegendutan di perut karena lemak2 nya disapu bersih selama puluhan tahun.
o Polifenol. Ini merupakan zat antioksidan yang berfungsi sebagai pengikat oksigen dan pelindung sel tubuh. Zat polifenol yang berada didalam tehh bermanfaat sebagai bahan anti-aging alias bahan anti penuaan. Zat polifenol mampu menjaga agar sel2 tubuh tidak cepat rusak.
Teh jenis apa yang lebih baik ? tehh hitam atau tehh hijau atau tehh wangi ? apa minum teh itu baik untuk penderita sakit maag? Menurut buku2 kesehatan yang saya baca bahwa manfaat dari tehh bagi kesehatan tubuh sebenarya hampir semua sama, asal diminum secaa teratur. Hanya teh hijau lebih banyak kandungan ketekinnya, misalnya 4 cangkir the hijau sama dengan 8 cangkir tehh hitam. Kandungan kafein dalam teh sering juga menimbulkan gangguan lambung kepada orang-orang tertentu. Kalau begitu upayakan minum teh yang encer agar kafeinnya rendah. Untuk tehh hitam dan tehh wangi, seduhan the memerlukan waktu 5 menit baru diminum agar semua aromanya keluar.
Ada kawan saya yang pernah bilang bahwa tehh bisa memperbesar alat vital laki2, caranya alat vital direndam di tehh yang sudah basi setiap pagi atau yang sudah menginap semalam. Hal ini tidak benar. Tehh yang sudah basi juga bukan obat. Khasiat utama dari minumteh adalah pada kandungan polifenolnya. Polifenol ini memiliki banyak turunan mulai flavonol, flavonid, katekin dsb. Kandungan tehh yang bernama ‘katekin’ itu sangat rentan terhadap udara. Semakin lama katekin berhubungan dengan udara, dia akan semakin ter-oksidasi. Jadi kalau tehh sudah basi, jangan diminum, pasti sudah mengandung mikroba. Saya meragukan kalau kandungan katekin diteh yang sudah basi masih seperti semula kalau tehmasih hangat. Sebagai obat membesarkan alat vital laki-laki? Jangan percaya. Hati-hati jangan merendam alat vital anda dengan tehbasi, salah-salah alat vitalnya bukannya membesar malah menyusut lebih kecil, karena dimakan mikroba.
Minum tehh idealnya 3 sampai 4 cangkir sehari untuk mendapatkan manfaat dari tehh. Bagaimana kalau lebih dari 4 cangkir? Tehh itu akan memberi dampak berbeda ke masing2 individual. Masing-masing orang bisa mendapat efek yang berbeda-beda. Secara normal, tubuh kita akan memberikan signal atau alarm kapan kita berhenti minum tehh. Kalau perut sudah mulai tidak nyaman (karena kandungan kafein) sebaiknya berhenti dahulu. Banyak-banyaklah minum air putih untuk menetralisir efek dari kafein. Tentu saja ini berlaku bagi orang yang normal. Bagi penderita sakit ginjal, wanita hamil, anak-anak atau penyakit anemia tentu harus khusus penanganannya.
Tempat untuk menyedu tehh itu tergantung dari jenis tehnya. Misalnya teh hitam itu memerlukan suhu yang panas, maka dapat dipakai teko atau poci yang terbuat dari gelas, keramik, tanah liat atau logam. Tehh Oolong (disini paling mahal harganya) baunya sangat harum, menyedu the oolong itu paling bagus menggunakan poci teko dari tanah liat. Sifat poci dari tanah liat ini menyerap rasa dan aroma tehh olong. Biasanya penggunaan poci tanah liat disarankan hanya untuk satu jenis tehh saja. Itu sebabnya penggemar tehh sejati, seperti saya, memiliki koleksi teko yang lumayan banyak. Teko tanah liat itu jangan dicuci dengan sabun, cukup dibilas dengan air panas saja. Sedangkan untuk tehh hijau, karena memerlukan suhu yang tidak terlalu panas, sebaiknya dipakai teko poci dari keramik. Keramik adalah penghantar panas yang paling buruk. Dengan sifat itu, teko poci keramik paling pas untuk menyedu tehh hijau. (bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in health and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s