Istriku (2) – Bahtera perkawinan berlayar sejak 1973.

1973 masa bulan madu

1973 di Pati

1973 di Pati

 

 

 

1990 di Condet Jakarta

Kami menikah tahun 1973 dan menetap di Jakarta. Sudah 40 tahun lamanya kami mengarungi kehidupan bersama-sama menjalankan biduk perkawinan. Tulisan ini adalah kisah asmara saya dan istriku, dengan tujuan untuk dokumentasi keluarga.
Kami berdua berkenalan Juni 1971 disebuah acara Dies Natalis AIP di Jakarta, istriku itu temannya adikku kadet AIP. Terus terang saya akui saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Saat itu saya berfirasat, bahwa inilah gadis yang akan menikah dengan aku. Hal ini menjadi kenyataan, kini kami telah menikah selama 40 tahun dan telah memiliki dua orang anak. Alhamdullilah.

Sampai sekarang kami bahagia dan selama bertahun-tahun menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak, kami membimbing anak-anak dengan penuh cinta kasih dan kebijaksanaan. Apapun yang terjadi, Nur sebagai istriku patuh pada suami dan selalu menemani aku dalam keadaan apapun, baik ketika masih miskin, ketika sudah berkecukupan, ketika sehat maupun sakit. Nur telah membuktikan bisa menjadi istri teman hidup Gufron, ibu bagi kedua anakku.

5dAwal perkawinan ekonomi kami masih prihatin. Dengan ikhlas kami membantu orang tua masing-masing terutama dalam menyekolahkan adik-adik. Perubahan ke positip mulai terjadi Juni 1977, ketika aku mendapat assignment sebagai Trainer IBM dan menetap di Bangkok, selama 2 tahun. Alhamdullilah. Hidup di Bangkok berdua, 1977-1979, saya akui sebagai yang terbagus, yang terbaik dan yang terindah. Berbagai kenikmatan dunia yang aku impikan dapat terwujut, dapat terlaksana dan menjadi kenyataan. Sungguh luar biasa. Rumahku di Bangkok jauh berbeda dengan rumahku di Jakarta. Mobilku di Bangkok lebih baik dari mobilku di Jakarta. Gajiku di Bangkok dua kali dari gajiku di Jakarta. Masih banyak lagi yang kami berdua nikmati yang belum disebutkan.

.

Sebagai tanda syukur, kami memberangkatkan ayah mertua ke Tanah Suci untuk berhaji. Kami memberi berbagai bantuan berupa infak, sadaqoh kepada saudara, kepada adik yang memang membutuhkan. Uang sekolah mereka kami tanggung. Dan itu semuanya kami lakukan dengan ikhlas sesuai tuntunan agama. Allah Maha Tahu. Kenikmatan itu semakin bertambah, semakin banyak yang kami nikmati. Subhanallah.

Kenikmatan apa yang ditambahkan Allah kepada kami?

Bangkok-GrosserPalaseSalah satu kenikmatan tambahan adalah assignment IBM diperpanjang setahun dan kami dipindahkan dari Bangkok ke Hongkong, dimulai Juni 1979 dan berakhir Juni 1980. Alhamdullilah. Di Hongkong hidup kami selama setahun penuh dengan kenikmatan. Alhamdullilah. Luar Biasa. Ya Allah Engkau Maha Agung. Alhamdullilah. Rohani dan jasmani kami bertambah. Uang simpanan kami bertambah.

Hukum alam mulai berlaku, yaitu ada siang ada malam, ada datang dan ada pergi. Assignment ku berakhir di bulan Juni 1980 kami kembali ke Jakarta. Kami ditempatkan di PT USI Jaya agen penjualan IBM di Indonesia. Pertama yang aku lakukan adalah kami membangun rumah di Condet dengan tabungan yang kami kumpulkan selama 3 tahun hidup di luar negeri. Saya sudah memiliki tanah di Condet. Tanah yang saya beli dari bonus-bonus yang saya peroleh selama menjadi salesman IBM dari 1972 sampai 1977. Rumah itulah yang kami tempati sampai sekarang. Alhamdullilah.

1992

Aku baru tahu bahwa istriku itu mantan Ratu Kebaya Sulawesi Selatan. Dia ikut lomba ditahun 1969 dan mengalahkan beberapa peserta gadis Jawa yang tinggal di Makassar. Ceriteranya bahwa waktu persiapan istriku melakukan nya sendiri tidak ada asisten, tidak ada pembantu. Istriku juga mantan atlet anggar yang mewakili Sulawesi Selatan di PON.

.

Diawal perkawinan, hubungan antara orangtua saya dan orangtua Nur tidak mulus. Namun dengan berjalannya waktu hubungan yang kaku bisa mencair dan berubah ke sikap yang wajar, selayaknya besan. Beliau bersikap sangat baik bagi kami sekeluarga.

.

Saya bekerja di IBM mulai Januari 1971 sampai Desember 1990. Duapuluh tahun lamanya, saya menikmati suka dan duka bekerja di IBM. Selama rentang waktu duapuluh tahun saya berkembang dari nihil sampai menduduki jabatan sebagai senior manager di  IBM / USI Indonesia.

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in keluarga and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

