Realino (4) – kegiatan rutin setiap hari

Asrama Pancasila

Asrama Pancasila


Pendidikan disiplin di Realino dilaksanakan ketat, dan tidak kenal kompromi. Setiap pagi pada jam 05:30 bel asrama yang dibuat dari velg mobil dipukul dengan pemukul besi sekeras-kerasnya. Semua penghuni Realino harus bangun tidur. Ada yang terus mandi, ada yang senam dulu, ada yang mencuci pakaian di ruang cucian yang sudah disediakan. Tidak lupa sambil bercanda. Selesai mandi disambung dengan pagi makan pagi, langsung cabut naik sepeda untuk kuliah.

Jam 12:30 makan siang bersama di refter, selesai makan para penghuni menuju aula yang ada di masing-masing vila. Biasanya menuju ke aula villa utara karena ada warung koperasi. Ada yang main catur, merokok, mendengarkan radio atau sekedar istirahat sehabis makan. Jam 1400 aula harus dikosongkan, suasana asrama dibuat sepi, radio dimatikan canda ketawa dihentikan, umumnya semua penghuni asrama ke kamar-kamar masing-masing untuk ciesta atau tidur siang, atau apa saja asal tidak menimbulkan gaduh dan suara.

Jam 16:00 bel asrama dibunyikan lagi, pertanda kegiatan penghuni boleh diaktifkan lagi. Ada yang main basket, main badminton, tenis, ping pong, sepak bola dll ada yang mencuci pakaian dan ada yang menembel ban sepeda. Pokoknya apa saja boleh sampai jam 18:00 bel berbunyi lagi pertanda kegiatan dihentikan para penghuni masuk kekamar masing-masing untuk belajar. Masing-masing penghuni mempunyai meja belajar lengkap dengan kursi lampu belajar dan rak bukunya. Romo pemimpin berkeliling ke kamar-kamar untuk memeriksa penghuni sudah masuk kamar apa belum dan memastikan mereka duduk di meja masing-masing. Ingatan romo cukup bagus, beliau tahu penghuni mana yang tidak berada di meja, kalau dalam seminggu atau dua minggu seperti itu terus menerus si penghuni akan dipanggil untuk mempertanggung jawabkan kemana perginya. Kalau jawabannya mencla-mencle penghuni akan diperingatkan dan bisa berakibat dikeluarkan dari asrama.

Jam 19:30 bel berbunyi lagi pertanda acara makan malam bersama di refter. Nasi dan sayur (kadang sayur sedikit dan kuahnya doang) jumlahnya bebas tak terbatas, yang dibatasi adalah lauk pauknya yang hanya boleh mengambil satu potong saja. Lauknya sederhana saja, tempe bacem atau tahu bacem. Daging atau telur sebiji dihidangkan pada siang hari. Kalau membawa makanan dari luar (biasanya sehabis pulang kampung) harus dibagi ke semua penghuni meja dan tetangga meja sebelah.

Selesai makan malam para penghuni umumnya menuju aula di utara sebagian ke vila selatan, berkumpul disitu ada yang ngobrol, mendengarkan radio, bercanda, beli sesuatu di warung koperasi dan ada sebagian yang main catur. Pokoknya bebas terserah maunya apa.

Jam 20:45 bel berbunyi lagi, pertanda semua kegiatan berhenti dan tidak boleh ada suara, suasana harus hening. Pintu gerbang utama akan ditutup oleh pengurus. Waktu untuk belajar dimulai dan benar-benar sunyi senyap, tidak ada suara radio, tidak ada canda ria, tidak ada suara manusia. Diam semua. Romo pemimpin akan keliling ke masing-masing kamar untuk memastikan penghuninya berada di meja masing-masing. Kalau tidak ada pasti ketahuan karena lampunya tidak menyala. Kami tidak boleh tidur karena jam tidur mulai jam 22:00.

Jam 23:00 semua lampu harus dipadamkan dan kamar harus gelap. Kegiatan belajar harus dihentikan. Romo akan keliling kembali untuk memeriksa apa lampu-lampu sudah mati apa belum, sekali-sekali kepalanya menjenguk kedalam kamar untuk memastikan penghuni sudah tidur. Kalau tempat tidur nya kosong artinya si dia tidak pulang asrama. Setiap malam setiap penghni harus tidur diasrama. Kalau mau tidur diluar harus minta izin dari romo asrama.

Rutinitas itu dilakukan setiap hari Disiplin seperti itu tidak akan pernah saya lupakan, bagi saya suasana belajar yang benar-benar diterapkan di Realino membuat saya dan para penghuninya pada umumnya lancar didalam tugas kuliah di perguruan tinggi. Anak-anak Realino jagoan di masing-masing fakultas.

Kegiatan Realino Discusion Club diadakan setiap Rabu malam jam 21:00 sampai jam 23:00. Semua penghuni harus pernah membuat presentasi dan memimpin rapat/diskusi. Dibagi perkelompok dan diberikan teori2nya oleh para senior yang kompeten. Kurang lebihnya mirip IBM. Yang akan presentasi dan memimpin diskusi wajib berdasi dan bersepatu. Para peserta lain wajib bersepatu. RDC ini wajib diikuti semua penghuni, siapa yang absen akan diperingatkan.

Lalu ada Realino English Club, yang diadakan seminggu dua kali. Ada spesial guru dari luar yang mengajar bahasa Inggris, mulai kelas pemula, menulis dan berbicara bahasa Inggris.

Setiap sabtu sore dan minggu sore ada latihan orchestra Realino. Kebolehan grup orchestra dipertunjukkan setiap Dies Natalis Realino dan Santikara. Dirigennya adalah Romo Willemborg (sekarang sudah almarhun) kelahiran belanda yang sudah warganegara Indonesia. Beliau jago musik, kami diajarin membaca note balok. Saya pernah beberapa bulan memegang alat musik ceilo, karena tidak senang maka saya berhenti, membaca note balok itu susah waktu itu, saya benar-benar memulai dari nol. Maklum anak dari ndeso Pati.

Khusus untuk tenis ada waktunya bermain dengan pelatih yaitu minggu pagi sesudah misa. Untuk sepakbola dan basket hampir setiap sore ada yang latihan. Bola sepakbola dan bola basket disediakan asrama. Bola tenis bawa sendiri, kami hanya kuat membeli bola bekas, maklum masih miskin. Walau tidak pernah menjadi jagoan olahraga, tetapi semua olahraga sudah pernah saya jalani semua. Membuat badan saya sehat sekali selama 6 tahun di Realino. (bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in dormitory and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s