Hanoi (1) – Air Asia dan LCCT di KL

Hanoi pagi hari

Hanoi pagi hari

Akhirnya saya menginjakkan kaki di Hanoi Rabu 17 Desember 2008 jam 1900, setelah sehari penuh diperjalanan. Pilihan saya adalah naik Air Asia, tiketnya paling murah dibanding SIA atau TG. Dari Jakarta ke KL lancar. Di KL nya nunggu 5 jam. Jam 1630 pesawat dari KL ke Hanoi berangkat.

Air Asia adalah airlines yang sedang populer di Asia Tenggara. Servisnya minim sekali, kalaupun ada harus bayar. Waktu check in dipungut biaya satu kopor bayar Rp 30.000 di Jakarta dan RM 10 waktu di KL. Berat kopor maximum 15 kg, kalau lebih harus bayar, dan mereka sangat disiplin, tidak ada toleransi sama sekali. Dari Jkt ke KL tidak ada servis makan minum gratis, yang ada harus bayar. Saya minum kopi susu kena bayar Rp 14.000. Sebelah saya orang Malaysia makan nasi lemak dan milo kena bayar Rp 45.000. Persis jualan makan minum di kereta api malam Jkt ke Yogya, makanan harus bayar. Pramugari2nya dibalut baju merah ketat sekali, roknya sedikit mini, tapi ga ada senyum manis, yang ada senyum komersial. Dari Jkt ke Kl dan dari KL ke Hanoi, keduanya pesawat terisi hampir penuh dan tidak ada nomer tempat duduk alias free sitting.

Terminal Air Asia di KL masih baru, belum setahun dipakai dan masih dalam taraf pembangunan dibeberapa tempat. disebut dengan nama LCCT (Low Carrier & Cargo Terminal). Kesan saya mirip gudang kargo yang dicat warna creme. Lantainya sih lumayan bagus, memakai Essenza bukan granit bukan marmer, jadi masih terlihat mengkilap. Tembok separoh dari batu bata dicat creme, diatasnya disambung seng gelombang. Atapnya juga seng gelombang dengan kuda-kuda dari besi U yang sangat simpel sekali. Saya kira kalau kena angin punting beliung seperti di Jawa, atap2 dan dinding2 seng itu akan terbang. Barangkali. Mudah2an jangan terjadi. Tidak ada langit2nya langsung ke atap seng gelombang. Atap seng gelombang ini dipasang lumayan tinggi kira2 15 atau 20 meter, lalu AC nya di semprotkan dari duck bulat diameter 60 cm terus menyembur angin dingin dari lubang AC, mirip pemasangan AC di Carre Four. Bagi yang sudah pernah ke gudang kargo di Cengkareng, ya mirip itulah bentuk terminal Air Asia di KL yang melayani penumpang2 yang jumlahnya ribuan. Didalam terminal penuh sesak dengan penumpang, hampir semuanya penumpang yang mau pergi. Walau suhu diluar panas, tetapi AC diruangan mampu mendinginkan suhu. Semua penumpang adalah masyarakat timur, melayu china india dan turis2 asing, yah rakyat jelatalah, yang berpakaian apa adanya, turis2nya juga berpakaian biasa. Tidak ada yang berjas atau berpakaian yang keren. Tidak banyak petugas2 Air Asia, hanya saya lihat ada beberapa security. Kesannya aman aman saja. Tidak terlihat gaya preman yang berkeliaran di Cengkareng. Keindahan arsitek dari terminal?? tidak ada sama sekali, pokoknya mirip gudang, wong bentuknya kotak dicat creme. Ruang pemberangkatan sempit sekali, ada 8 pintu dan setiap 20 menit ada penumpang yang keluar dari terminal. Untuk ke pesawat semua penumpang jalan kaki yang lumayan jauh, kira 200 – 400 meteran, menuju pesawat. Tidak ada belalai yang mempermudah dan membuat penumpang nyaman.

Sampai di Hanoi jam 1900 dijemput mas Agung, Letnan Polisi Interpol yang bertugas sebagai aspri Dubes Vietnam. Dari airport ke kota, melewati jalan yang masih ramai, selain deru suara mobil juga ramai dengan klakson, karena mobil2 membunyikan klakson untuk minta jalan atau kalau mau mendahului. Kotanya mirip di Mangga Besar, Jembatan Lima, Kartini, Asem Reges. (bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan2 ke luar negeri and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Hanoi (1) – Air Asia dan LCCT di KL

  1. uniquestuffhere says:

    Saya suka terbang dengan airasia, yang enaknya tuh perburuan harta karun yaitu tiket promo yg super murah bahkan gratis..tapi kadang kehabisan jg diambil org lain. Untung saya akhirnya temukan cara cepat mencari tiket murah bahkan gratis dari air asia di http://www.unique-stuff.co.cc/find_cheap_airasia_flight.html Mungkin berguna juga untuk anda.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s