Hanoi (5) – Ho Chi Minh sebagai pemersatu bangsa Vietnam

paman Ho Chi Minh

paman Ho Chi Minh

Ho Chi Minh 'dibalsem'

Ho Chi Minh 'dibalsem'

Mausoleum Ho Chi Minh

Mausoleum Ho Chi Minh

Paman Ho dari Vietnam itu sangat dipuja dan sangat dihormati oleh orang2 Vietnam. Oleh pemerintah nya dipakai sebagai alat pemersatu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Jenazah paman Ho tidak dikebumikan, tidak dipetikan, tetapi ditempatkan dalam kaca, dibalsem dan dibaringkan di Mausoleum Ho Chi Minh. Orang-orang boleh dan bisa melihat jenazah langsung dekat sekali hanya berjarak 2 meteran. Jenazah paman Ho berada didalam ruangan gedung mausoleum yang besar tinggi dan gelap hanya ada cahaya yang disorotkan kewajah paman Ho. Yang melihat banyak sekali, turis2 asing dan penduduk lokal. Menarik sekali. Inilah cara Vietnam menjaga negaranya agar tetap utuh.

Inilah kekuatan Vietnam yang maha dahsyat, spirit dan keyakinan yang mampu mengusir Amerika dari Vietnam Selatan, dan sekarang Vietnam bersatu. Dengan tangan besi, dengan satu keyakinan yaitu sosialis komunis dan dengan menutup rapat-rapat konsep2 politik seperti HAM, demokrasi dan liberal, Vietnam siap membangun ekonomi. Saya melihat bahwa Mausoleum yang terletak ditengah lapangan yang superluas, lalu gedung mausoleum di titik pusat nya, gedungnya tinggi, megah, penjagaan tertip, rapi. Disitulah jenazah Paman Ho Chi Minh dibaringkan dan orang masih bisa menyaksikannya. Diarea itu ada banyak gedung2 pemerintah Vietnam, modelnya gedung kolonial Perancis, seperti di Paris. Lalu ada patung Lenin yang besar yang dipasang ditengah lapangan.

patung Lenin ditengah kota

patung Lenin ditengah kota

Lenin dihormati sebagai orang yang mengajarkan sosialis. Orang beragama boleh tetapi sangat dibatasi. Umumnya orang2 Vietnam itu tidak beragama. Mereka takut berbuat salah, mereka takut berbuat keonaran, mereka takut demo karena dilarang. Kalau berani melakukan, langsung ditangkap. Foto2 dapat di-klik disini.

Kebudayaan Vietnam zaman dahulu dapat dilihat di Van Mien-Quoe Tu Giam, yaitu Universitas untuk mempelajari Confusion, yang sudah berumur 1000 tahun, yang amat luas sekali. Universitas Vietnam dipermodern dan dibangun kembali tahun 1076. Sudah tua tetapi dirawat dengan sangat bagus sekali. Waktu saya kesana, ada pertunjukan martial art, yang dilakukan oleh kelompok Voduongthanphong. Mereka latihan martial art gaya Vietnam, dilapangan yang terbuka, disaksikan oleh para turis. Hebat sekali, ada permainan toyak, ada latihan adu senjata 1 oran dikroyok oleh 3, lalu yang menyeramkan ada orang bawa pedang melawan toyak kayu. Huih .. hebat seperti benar2 berkelahi. Saya pun melihat serombongan cewek2 yang cantik2, berkaki tinggi, bersepatu tinggi, berpakaian bagus2. Rupanya ada foto shooting dari peragawati Hanoi, semua cantik berkulit putih dan masih muda. (bersambung)

keluarga Peter Pitono, Dubes RI untuk Vietnam

Vietnam girls

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan2 ke luar negeri and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s