Andalusia(4)- Istana Alhambra nan indah sekali dan harem di istana

Alhambra adalah nama sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah berwarna merah. Dibangun oleh orang muslim dizaman kekhalifahan bani ummayyah di Granada, Spanyol bagian selatan, diabad 10 M. Bangunan tua yang megah ini berdiri mantap dan indah diperbukitan di Granada. Dipelihara sepanjang masa, walau sudah berumur 1.000 tahun lebih namun keindahannya masih bisa dinikmati. Luar biasa. Kunjungan turis yang berjumlah jutaan mampu mendatangkan devisa ke Spanyol. Yang membangun orang-orang Islam di abad 10M, yang menikmati hasilnya orang Spanyol. Istana ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya. Dari kota Granada akan terlihat dengan jelas sekali. Apalagi kalau malam, karena disorot dengan lampu yang terang. Oleh UNESCO, Istana Alhambra ini telah ditetapkan sebagai warisan budaya peninggalan orang muslim di Spanyol di abad 10 yang harus dilestarikan. Jutaan turis datang ke Andalucia, Spanyol untuk menyaksikan keindahan Istana Alhambra. Foto Al Hambra klik disini.

Istana Alhambra sangat indah sekali. Dan ada bagian di sebelah selatan yang spesial dibangun untuk “harem’ nya para raja Islam. Harem merupakan simbul prestige dan kekuasaan para Sultan. Lukisan yang dibuat oleh pelukis dari Perancis sedikit memberikan gambaran tentang harem dimasa jayanya Islam di Andalusia. Harem adalah wilayah pribadi sultan yang tidak sembarang orang dapat memasukinya. Harem adalah ruang terlarang maka sering dijaga oleh para kasim. Dari lukisan kita tahu bahwa wanita cantik zaman itu buah dadanya kecil, pantatnya yang besar dan melebar serta berisi, perutnya juga tidak langsing. Foto lain di klik.

Alhambra bangsal Singa

Alhambra bangsal Singa

Istana Alhambra

Istana Alhambra

Alhambra nan indah

Alhambra nan indah 

03b 02c 02e 02f 03

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan2 ke luar negeri and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s