Istriku (4) – kebun cengkeh di Panaruban, Ciater.

Tahun 1993 saya membeli kebun di daerah Panaruban, Segarahelang. Ceriteranya begini. Ada seorang insinyur pertanian, dosen IPB, yang mendapat beasiswa untuk S-3 Pertanian harus berangkat ke USA. Dia mau jual tanah di Panaruban, Segarahelang, Subang . Saya membeli dengan harga sangat miring dan murah, sesuai yang ditawarkan. Sejak saya memiliki tanah itu, 1993, saya sangat jarang menengok, kira-kira dua tahun sekali atau bahkan lebih. Saya baru sering nengok ditahun 2004, setelah saya pensiun, bersama istri, anak laki-laki dan cucu-cucu. Lokasinya sungguh indah, karena berada dipinggir PTP XV kebun teh yang sudah berumur panjang. Udara yang segar, bersih tidak ada polusi menumbuhkan kecintaan saya kepada kebun yang lama saya terlantarkan. Didalam kebun itu sudah ada 74 pohon cengkeh yang ditanam pemilik lama. Selama ini oleh tetangga sebelah, namanya pak Idrus, cengkeh hasil kebun itu dijual untuk membayar PBB nya. Tanggal 6 Juli 2009, kami ke kebun kami di Panaruban, daerah Subang untuk menengok, dan memanen cengkeh. Alhamdullilah. Sesuatu yang berharga yang tidak pernah saya urusin, lama saya tidak pernah peduli tiba-tiba menjadi peduli dan mau ngurusin cengkeh. Hidup memang aneh sekali. Investasi yang terlaksana, tanpa harus kerja apa-apa. Setiap tahun saya mendapat uang hasil penjualan 74 batang pohon cengkeh yang tumbuh tanpa harus merawat. Alhamdullilah ya Allah atas rezeki dan kenikmatan yang Allah berikan kepada kami.

cengkeh jenis maluku

cengkeh jenis maluku


ada 74 pohon cengkeh di kebun

ada 74 pohon cengkeh di kebun


dikelilingi pohon teh milik PTP XV Subang

dikelilingi pohon teh milik PTP XV Subang


pohon cengkeh

pohon cengkeh


santai

santai

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in pertanian and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

