USA (1) Honolulu of Hawaii

USA (1) – mendarat di Honolulu.

Kami sekeluarga berempat, mendarat di Honolulu Hawaii dipagi hari, dibulan Juli 1991 dengan selamat. Urusan imigrasi berlangsung mulus tanpa halangan, hari masih pagi belum banyak pesawat mendarat. Masih sempat dikalungi bunga dan berfoto dengan 2 ladies yang muda nan seksi. Perjalanan menuju hotel lancar dan disuguhi pemandangan pantai Waikiki yang indah dan bangunan hotel berbintang yang berderet disepanang pantai. Boulevard yang lebar menambah keindahan pemandangan.

Selama 3 hari 2 malam di Honolulu, kami diajak berkunjung keberbagai obyek pariwisata yang terkenal. Pertama kami dibawa ke Pearl Harbor dan USS Arizona Memorial yang merupakan city tour utama dan menjadi tujuan kunjungan turis yang paling top ke Hawaii. Jumlah turis nya mencapai 1,500.000 turis setiap tahun. Luar biasa.
Kunjungan ini mengingatkan saya ke Perang Dunia ke II yang dimulai dengan serangan mendadak pesawat terbang Jepang ke Pearl Harbor tanggal 7 Desember 1941, yang sangat dahsyat sebagai digambarkan di film Tora! Tora! Tora!

Dengan pengeboman Pearl Harbor, Jepang membawa Amerika Serikat kepada perang Dunia II di daerah Pasifik. Waktu itu Angkatan laut Jepang menyerang markas AL Amerika Serikat secara tiba-tiba di Hawaii. Hasil serangan ini ialah rusaknya atau tenggelamnya +/- 20 kapal tempur Amerika, 188 pesawat terbang rusak dan 2.403 korban jiwa. Di pihak Jepang, Jepang hanya kehilangan 55 pesawat tempur dari 441 pesawat tempur yang dipakai.

Kapal perang USS Arizona diledakkan dan tenggelam bersama 1.100 awak kapal, hampir separoh dari awak kapal mati. Sebagian dari jenasah masih berada di kapal dan diabadikan didalam kapal tersebut. Diatas kapal dibangun bangunan untuk memorial. Bangunan yang unik, karena persis dibawahnya ada bangkai kapal perang Arizona. Nama-nama korban ditulis didinding di pintu masuk area pelabuhan sebelum kita naik fery menuju ke USS Memorial. Air laut yang jernih membuat kami menyaksikan bangkai Arizona yang tenggelam 7 Desember 1941. Dengan gamblang kami melihat bahwa orang Amerika sangat menghargai sejarah. Fakta dan bukti sejarah Amerika dikemas dengan luar biasa untuk menjadi tontonan dan sekaligus memasukkan devisa. Orang Amerika sangat bangga dengan sejarahnya. Orang-orang dari berbagai bangsa, sedang asyik berfoto di gedung USS Memorial suatu bangunan terkenal di dunia. Pesona USS Memorial  telah mengalahkan teriknya matahari yang saat itu membuat suhu mencapai 95 derajat Fahrenheit, atau sekitar 35 derajat Celcius.

Tempat lain yang kami kunjungi adalah pantai Waikiki yang sangat terkenal dan International Market. Menyaksikan atraksi Polynesian Cultural centre yang sangat menawan dan attractive. Sungguh luar biasa kemasan yang dihasilkan. Lokasi landscaping, air dan danau buatan, air dan sungai buatan, menari-nari diatas rakit, sound system yang canggih membuat para penonton senang dan puas. Indonesia punya tarian seperti itu malahan lebih bagus, namun kita orang Indonesia tidak mampu mengemasnya. Sayang.



About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan2 ke luar negeri and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s