USA (6) Niagara Falls

USA (6) Niagara Falls
Niagara Falls adalah air terjun raksasa, yang terletak antara Canada dan USA. Ada dua air terjun, yang satu namanya Horseshoe dan yang kedua American Falls. Kedua airterjun dipisahkan oleh pulau Luna Island. Sangat lebar dan sangat tinggi, air yang tumpah dari atas kebawah diperhitungkan ada 6 juta cuft permenit atau 168.000 m3 per menit. Sangat powerful sekali untuk dirubah menjadi tenaga listrik hydro. Air terjun ini terbentuk di zaman es mencair, sekitar 50.000 tahun yang lalu.

Kami menginap di hotel Raddison yang berjarak 150 m dan termasuk canada, kami dapat memandang Niagara Falls dari jendela. Pemandangan yang luar biasa spektakuler bagus, indah, megah. Dilihat siang hari bagus sekali. Dilihat malam hari pun sangat indah sekali. Kebetulan dimalam hari itu ada kembang api yang dinyalakan diatas Niagara Falls, maka kami mendapat suguhan pemandangan istimewa. Rupanya disetiap summer, tiap Jumat dan Minggu ada kembang api atau fireworks yang dinyalakan.

Kami tiba jam 10 pagi, check in dulu dan makan siang lalu mulai petualangan kami berjalan menyusuri tebing yang dekat sekali dengan air terjun. Yang saya masih ingat itu adalah suara gemuruh yang ditimbulkan karena air yang jatuh setinggi 50 meter dan jumlah air yang jatuh mencapai rata-rata 120.000 m2 per menit. Bayangkan gemuruh dan kerasnya suara itu.

Setelah puas memandang, puas berfoto-fotoan ditebing itu, maka kami memutuskan untuk mencari pengalaman dengan naik kapal mendekati jatuhnya air terjun di Horseshoe. Ngeri memang, tetapi kapan lagi mendapat pengalaman yang tidak akan terulang. Inilah atraksi spektakuler yang tertua dan sangat terkenal bagi turis-turis di Niagara, sebuah atraksi pengalaman yang mendebarkan, namanya Maid of the Mist boat cruise, diambil dari ancient Ongiara Indian mythical character.

Maid of the Mist Cruise boat beroperasi dari boat dock, kami harus turun dahulu, lalu diberi jas hujan warna biru dan menunggu boat sambil foto-fotoan. Suara air yang jatuh hanya sejengkal saja yah 30 meteran, jadi sangat gemuruh. Dan percikan air membasahi kita semua, itulah sebabnya kami diberi jas hujan agar baju tidak basah. Seru dan serem sekali. Lalu waktu naik boat pun hati saya dag dig dug, karena takut kalau ada apa-apa siapa yang menolong. Kapal berlayar dari satu sisi kesisi yang lain, dan ditengah-tengahnya mendekati tempat jatuhnya air terjun dari atas. Mengerikan sekali. Suara air yang jatuh sungguh dahsyat sekali. Ada ombak tetapi kecil dan tidak berbahaya. Yang terasa adalah percikan air jatuh kebadan kita semua, basah. Kamera pun ikut basah. Sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.



About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan2 ke luar negeri and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to USA (6) Niagara Falls

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s