Aceh (1) – Pantai Weh, ekosistimnya sangat baik, pantainya cantik sekali.

Pulau Weh, ibukotanya Sabang, ekosistimnya sangat baik, pantainya cantik sekali. Pulau Weh merupakan sebuah pulau vulkanik, sebuah pulau atol (pulau karang) yang proses terjadinya mengalami pengangkatan dari permukaan laut. Proses terjadinya dalam tiga tahapan, terbukti dari adanya tiga teras yang terletak pada ketinggian yang berbeda. Pulau kecil terletak diujung ujung utara pulau Sumatra dan terpisah oleh laut dari Sumatra waktu gunung berapi meletus jutaan tahun yang lalu. Disitu ada kota Sabang sebuah kota kecil tetapi bersih dan damai. Walau termasuk Propinsi Aceh tetapi tidak ada GAM. Pulau Weh sangat terkenal ekosistimnya.

CIMG1301CIMG12631002018910020083100201871002021310010011Air lautnya bersih sekali, tidak boleh memancing, tidak boleh menjala ikan, tidak boleh menebang kayu di hutan lindungnya, walau kayunya besar-besar. Untuk menuju pulau Weh harus lewat banda Aceh, lalu menyeberang dari pelabuhan Ulee Lheu di kota banda Aceh menuju pelabuhan Balohan di kota Sabang di pulau Weh.
Pulau ini bergunung-gunung, maka sore setibanya di pulau kami naik keatas puncak` gunung menikmati indahnya pantai pulau Weh dan pemandangan sun set yang bagus sekali. Lalu menuju ke pantai Sumur Tiga menginap di cottage disitu.

Pantai yang indah ada 3 tempat : pantai Sumur Tiga, cottage nya dikelola Freddy, orang belanda warga Negara Afrika Selatan dengan anak laki2 dan ada cewek pacar si anak . Disini banyak tamu Belanda dan Eropa yang menginap. Cottagenya mirip cottage di Anyer Badui yang dulu itu dikelola orang Jerman, sekarang hotel badui itu sudah dibongkar. Walau semuanya terbuat dari kayu kelapa yang eksotik, tetap dijaga kebersihannya terutama kamar mandi. Pantainya bagus, masih ada bunker pertahanan sisa pertahanan tentara Jepang ditepi pantai. Belum terlalu dieksplorasi, banyak pohon kelapa yang tua-tua, hutan yang kayunya besar. Pokoknya asri, masih hijau dan terasa adem walau siang hari.

Pantai kedua yang indah sekali adalah Pantai Iboih, disini dikelola orang lokal. Tamu-tamu dari luar negeri banyak. Cottagenya eksotik, dibangun diatas batu mengarah ke laut. Lautnya banyak ikan hias yang indah sekali, bisa untuk snorkeling, agak jauh sedikit ada pulau kecil sekali yang ada karang warna-warni dengan ikan hias yang bagus-bagus. Kami menginap di cottage yang dikelola orang lokal. Bagus juga sih tetapi masih dibawah managementnya Freddy di pantai Sumur Tiga. Kami snorkeling dua kali, pertama disore ketika baru tiba, kami berperahu kepulau kecil Robiah yang ditempuh 10 menit dengan kapal dan kedua dipagi berikutnya sekitar jam 7, laut yang biru jernih disekitar cottage tinggal nyemplung. Dua kali saya menikmati indahnya laut yang sangat bersih dan ikan-ikan warna-warni dengan snorkeling.

Pantai ketiga di pantai Gapang, untuk mereka yang suka diving, inilah surganya kaum divers. Dikelola oleh grup Diving company dari Belanda yang sudah 15 tahun disitu. Diversnya kebanyakan orang asing, dengan instruktur orang Belanda dan asistennya orang Sabang yang dilatih oleh mereka.
Begitu bagusnya tempat-diving di pantai Gapang ini sehingga dimajalah Divers dinobatkan sebagai satu dari 10 tempat diving yang bagus didunia yang patut dikunjungi. Semua karena paket wisatanya bagus, management bagus, organisasi yang mengelola bagus, dan iklan-iklannya bagus, baik melalui majalah LN maupun yang melalui internet. Foto klik disini.

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s