Asosiasi Nazhir Wakaf Uang (2)

Meskipun wakaf uang sudah dikenal pada masa Imam Mazhab, namun wakaf uang baru akhir-akhir ini mendapat perhatian para ilmuwan di Indonesia dan menjadi kajian yang intensif di negeri yang mayoritasnya beragama Islam.

Dalam peraturan BWI no 2 tahun 2010 Tentang Pendaftaran Nazhir Wakaf Uang, dijelaskan bahwa Calon Nazhir mendaftarkan ke BWI. Bahwa Calon memenuhi persyaratan seperti kompetensi dalam pengelolaan keuangan, pemberdayaan ekonomi umat, memiliki sertifikat nazhir wakaf uang dari BWI. Bahwa BWI akan menerbitkan nomor registrasi nazhir wakaf uang. Kalau itu sudah diperoleh, maka Nazhir sudah bisa beroperasi.

Ada Peraturan Menteri Agama yang baru no 4 tahun 2009, tentang Administrasi Wakaf Uang, di pasal 4 ayat (1), bahwa LKS-PWU atas nama Nazhir mendaftarkan wakaf uang kepada Menteri melalui Kantor Departemen Agama di Kabupaten/Kota selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja sejak diterbitkan SWU dengan tembusan BWI setempat.

Bahwa LKS-PWU wajib menyampaikan laporan pengelolaan wakaf uang yang meliputi wakaf, nilai wakaf dan nilai bagi hasil pengelolaan wakaf, setiap akhir tahun buku. Ditujukan ke Menteri Agama, lewat Dirjen tembusan ke BWI.

Laporan Nazhir Wakaf Uang.

Bhwa Nazhir wajib menyampaikan Laporan Pengelolaan Uang setiap 6 bulan ke BWI tembusan ke Dir Jen . Bahwa laporan berisi pelaksanaan pengelolaan, pengembangan, penggunaan hasil pengelolaan wakaf uang dan rencana pengembangan tahun berikutnya. bahwa Laporan disampaikan selambat-lambatnya 3 bulansetelah akhir tutup buku.

Pendayagunaan kepada Mauquf Alaih (yang berhak menerima manfaat harta wakaf), yaitu :
1. Sarana dan kegiatan ibadah
2. Sarana dan kegiatan pendidikan dan kesehatan
3. Bantuan kepada fakir miskin, anak terlantar, yatim piatu, beasiswa
4.Kemajuan dan peningkatan ekonomi umat
5. Kesejahteran umum yang lain yang sesuai dengan syariah dan perundang-undangan
(bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in muslem and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s