Masa muda (1) Lulus Insinyur


Memoir pribadi ini akan menceriterakan kisah nyata yang saya alami. Dimulai dari awal 1971, yakni ketika saya lulus sebagai insinyur teknik kimia UGM, sampai saya pensiun dari Rante Mario di tahun 2004. Banyak hal-hal yang bersifat sangat pribadi, banyak hal-hal yang tertutup yang dialami oleh GS yang tidak pernah atau jarang menceriterakan kepada pihak luar.

Lulus Teknik Kimia UGM, Nopember 1970.

Di akhir tahun 1970, kurang lebih 37 tahun yang lalu, saya lulus insinyur kimia UGM. Wuah bangganya bukan main, sebab saya telah mampu membuktikan secara akademis bahwa Gufron Sumariyono berhasil menyelesaikan sekolahnya. Bapak (alm), ibu, adik2, teman2 Realino, teman2 di TK UGM, sanak famili, tetangga2 di Pati semua merasa bangga bahwa putra pak Giek, guru SMP Negeri I Pati, yang bernama ‘Yono’ telah lulus insinyur. Alhamdullilah. Kenikmatan yang berasal dari Allah yang dirasakan oleh banyak hamba2 Nya.

Di Asrama Realino, saya digotong warga Realino ramai2 dan dimandikan dengan air kran didepan perpustakaan. Saya membiayai tambahan lauk makan siang seluruh warga Realino dengan satu telur rebus. Segera teman2 masuk ke kamar saya dan melihat-lihat apakah ada barang2 yang boleh diminta. Sepeda buatan LN dan Tustel Leica buatan Jerman lengkap dengan blitz saya hibahkan ke adik saya Peter. Buku-buku dan catatan kuliah yang dipinjam oleh teman2 dikonfirmasikan untuk terus dipinjam dan akan dikembalikan kalau sudah tidak dipakai. Namun kenyataannya tidak ada satupun catatan2 kuliah yang kembali.

Dikampus TK UGM di Sekip unit IV, teman2 Teknik Kimia yang seangkatan maupun yang lebih yunior, nyalamin dan memberikan profisiat, mereka termotivasi untuk segera dapat lulus. Saya termasuk orang ketiga yang lulus insinyur teknik kimia UGM dari angkatan 1963 yang berjumlah 50 orang. Yang lain belum lulus, mereka masih berjuang untuk menyelesaikan tugas terakhir yang susah sekali dan membutuhkan waktu lama. Yang lulus Teknik Kimia UGM, yang pertama Tan Djien Han, yang kedua Masri Saridam, asal Padang yang telah lulus tiga bulan sebelumnya. Masri Saridam sudah bekerja di Semen Padang, dia memutuskan pulang kekampung halamannya.

Izasah asli Insinyur diberikan oleh Fakultas Teknik, tiga hari sesudah saya dinyatakan lulus, yakni setelah mengurus dan mendapatkan Surat Bebas tidak meminjam buku dari perpustakaan, tidak meminjam alat2 dari laboratorium2 Teknik Kimia. Gampang sekali. Penyerahan izasah tidak memakai upacara tetapi terjadi dikantor administrasi TK. Yang menyerahkan pak Suparno pegawai adminstrasi dan cukup membubuhkan tanda tangan di buku besar yang sangat sederhana. Tidak ada upacara wisuda, tidak ada pakaian toga, tidak ada dosen dan gurubesar yang menyalami. Seperti saya sedang mengurus Surat Keterangan Kelakuan Baik di Kantor Kelurahan saja.

Saya ini ibarat gelas kosong, yang masih perlu diisi dengan pengalaman kerja, agar gelar insinyur teknik kimia itu bermakna. Saya ingin hidupku bermakna bagi orang lain. Saya ingin ikut dalam gegap gempita pembangunan di Indonesia, yang sejak 1966 dipimpin oleh Presiden Soeharto. Soeharto yang berpidato agar anak muda segera mengisi dengan berbagai karya nyata untuk negara. Teman-teman ku ingin segera lulus insinyur teknik kimia, untuk mengoperasikan begitu banyak proyek-proyek pabrik kimia yang sedang dibangun oleh pak Harto. Pekerjaan sudah menanti-nanti para insinyur teknik kimia.(bersambung)

Mahasiswa Teknik Kimia UGM

Mahasiswa teknik Kimia UGM 1970

Mahasiswa teknik Kimia UGM

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in memoir and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

