Masa muda (10) High Commitment High Performance

Pada 10 tahun pertama saya bekerja di IBM, 71-80, saya mempunyai pengalaman kerja di IBM yang benar-benar unbelievable experience. IBM mempunyai principle yang benar-benar diterapkan dan dilaksanakan. IBM memperlakukan semua pegawai dengan penuh respect, membayar gaji dengan baik, dan memotivasi setiap stafnya. Perusahaan IBM mendorong ide dan kreatif baru dari pegawainya untuk menjawab semua permasalahan. Perusahaan IBM mendorong agar setiap pribadi tetap bertahan menjadi dirinya sendiri. Saya benar-benar jatuh cinta bekerja di IBM.

Kepemimpinan membuat orang-orangnya melaksanaakn nilai-nilai yang luhur sehingga otomatis menjadi budaya perusahaan. Nilai itu termaktub dalam IBM Principle, yaitu respect for individual, provide best customer service dan excellence is way of life. Ketiganya sudah saya rasakan selama 10 tahun, dengan penuh dinamika, dan penuh semangat. Bisnis IBM selama saya bekerja dari 1971-1980 tumbuh dengan fantastik. Energy para pegawai IBM meluap-luao. Budaya dan nilai dijunjung tinggi.

IBM mengetrapkan egaliter secara total dan secara penuh. Apa itu egalitarian? Yaitu sama rata sama rasa. Misalnya suasana dikantor sangat egaliter. GM Country hanya dipanggil dengan nama depan.. Hello Jack how are you. Lengkapnya Jack Ewen, dan dia biasa saja dipanggil nama depannya, malahan menunjukkan reaksi senang. Sesama kantor juga cukup dipanggil namanya, Rudy Pesik dipanggil Rudy, Lesan Limanarja dipangil Lesan, Tigran Adiwiyogo dipanggil Tigran, sayapun dipangil Mar oleh siapa saja baik junior saya maupun senior saya, paling-paling ditambah kan “mas Mar” karena saya orang Jawa. Speak up disosialisasikan. Opinion survey dilakukan setiap dua tahun sekali, untuk mendapatkan masukan dari para karyawan, agar selalu dicarikan solusi, agar selalu nyaman bekerja. Bermacam-macam asuransi disediakan oleh IBM. Medical expense diganti 100%. Cuti setiap tahun juga ada lamnya 2 minggu dan diberikan uang cuti sebesar satu bulan gaji. Hari Raya pun menerima bonus satu bulan gaji. Jadi saya menerima 14 kali gaji selama setahun.

Para karyawan happy dan dampaknya jelas yaitu memberikan pelayanan ke customer secara maksimal dan tinggi. Dan ini dilakukan secara konsisten, dari waktu ke waktu. Bunyi telepon tidak boleh berdering lebih dari 3 kali, siapa saja yang mampu mengangkat wajib mengangkat telpun untuk menjawab. IBM telah berhasil menyentuh hati para karyawannya, akibatnya para karyawannya dengan sukarela, dengan ikhlas selalu rela bekerja secara utuh dan semangat tinggi untuk membuat IBM lebih maju. Bukan main.

Para manager dan para senior memberikan contoh dan jadi “role model” bagi para juniornya. In the end, an organization is nothing more than the collective of capacity of its people to create value, kata Lou Gerstner Jr – CEO IBM.

IBM memiliki konsep yaitu : Keterlibatan pikiran membangun kinerja karyawan. Keterlibatan hati menyalakan gairah kerja karyawan. itulah yang terjadi di IBM. Karena kebutuhan emosi dipenuhi, maka tujuan perusahaan bisa tercapai, kehangatan diantara karyawan terjadi dan lebih-lebih ada penghargaan bagi karyawan yang berprestasi. Luar biasa

High commitment dan High Performance adalah istilah yang sekarang populer. Artinya adalah membangun perusahaan yang berkinerja tinggi. Sudah 20 tahun saya bekerja di IBM maka nilai dan budaya kerja IBM yang hebat itu sudah masuk dalam alam bawah sadar saya. (bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in memoir and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s