Masa muda (13) IBM memberikan ilmu kelas dunia.

hongkong 04Selama 20 tahun bekerja di IBM, saya menerima ilmu bisnis, kelas dunia dari IBM ditambah ilmu nilai dan budaya, ilmu leadership dan ilmu wawasan global. Bukan hanya teori tetapi sudah dipraktekkan dan sudah dilaksanakan.

Sepuluh tahun pertama lebih banyak ke ilmu marketing dan praktek di lapangan. Eksekusi dan praktek setiap hari, maka akhirnya sudah masuk ke otak bawah sadar. Tahun ke-7 saya dipromosi menjadi Marketing Instructor di Bangkok dan Hongkong selama 3 tahun.

Sepuluh tahun kedua, banyak bekecimpung di management. Mengelola mulai Departemen External Programs, Communications, Education dan Marketing. Disini ilmu SDM, ilmu Leadership diasah dengan bagus sekali.

Kursus-kursus IBM bagus-bagus dan diselenggarakan di LN dan DN. Dengan instructor yang berkelas. Bayangkan selama 20 tahun, setiap tahun menghadiri 2, kadang sampai 3 kursus, jadinya kalau dikumpulin bisa menjadi MBA Plus. Aku pernah menghadiri Executive Course di Harvard dan biaya ditanggung IBM. Terima kasih IBM.

100_percent_pins_finalSelama 20 tahun bekerja di IBM berbagai penghargaan sudah saya peroleh. Antara lain saya pernah mendapakan penghargaan IBM 100% Club 4 kali, IBM Excellent Award, IBM Profesional Award Contest, External Award Contest among SEAR, dan sebagainya.

Ditambah informal award, semua itu membuat saya jatuh cinta kepada IBM dan membuat saya terlena, karena sangat nyaman bekerja di IBM.

Setelah 20 tahun, saya keluar dari IBM dan bergabung dengan Humpuss Grup untuk mencari tantangan baru. Bekal pengalaman lapangan lebih dari cukup, giliran kerja di Humpuss masih bisa nyambung. (bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in memoir and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

