Oxford Brookes University (1) Computer Science dan Marketing

Aku punya anak laki-laki bernama Dhani yang lahir 1983. Tahun 1997, ketika Dhani masih umur 13 tahun plus bbrp bulan, aku pindahkan dari SMP Labschool Rawamangaun ke Junior High School (GCSE) di Rossall, Inggris, UK. Dari Rossall Dhani melanjutkan kuliah di Oxford Brookes University di Oxford.  Bachelor nya Dhani lulus selesai tahun 2005. Master Degreenya disabet lulus 2006. Diumur 23 tahun sudah S-2. Alhamdullilah.

Dhani mengambil jurusan Computer Science untuk Bachelor. Dan mengambil ‘Marketing’ untuk Master Degreenya.

Kuliahnya di Headington Campus. Pilihan ke Computer Science didasarkan kepada perkembangan modern technology, yaitu komputer, yang lebih flexible dan powerful dan dapat dijumpai di science, engineering, business, industri dan pemerintahan. Computer Science adalah masa depan bagaimana kita hidup dan kita bekerja. Kita bisa lebih kreatif dan mengerjakan pekerjaan besar. Kita bisa membangun software dan sistim yang kita inginkan.

Tahun pertama, Dhani tinggal di asrama milik sekolahan. Dan tahun ke dua dan seterusnya Dhani pindah ke rumah kos-kosan. Ganbar rumah kos ada difoto di kiri dan pemilik kos Mr. Paul tampak berdiri didepan pintu.
Setelah 2 tahun kuliah dengan lancar, Dhani menjalani kerja praktek selama setahun penuh, 2004, dan tempat kerjanya di kota Reading, diperusahaan Software “KVN”. Disinipun lancar-lancar saja. Alhamdullilah. Tahun 2005, Dhani kembali ke Oxford untuk menyelesaikan kuliahnya. Setahun sesudah itu Dhani berhasil mendapat “Bachelor Degree” untuk bidang Computer Scence.

Dampak dari kerja praktek di Reading membuat Dhani berpikir untuk pindah ketika melanjutkan ke Master Degreenya. Dia pindah dari Computer Science ke bidang Business dan mengambil jurusan Marketing. Alasan pindah jurusan karena ingin mempelajari lebih mendalam tentang praktek marketing and operations problems dan mengembangkan startegi yang lebih competitive, khususnya area branding and target marketing. Juga ingin mendalami marketing decision-making untuk customer yan potential. Bagaimana mengorganisasi customer group, mensuport communications mereka, dan trasformasi marketing elalui penggunaan teknologi. Kampusnya pindah ke Wheatly. Kampus ini gedungnya baru dan berada diluar kota Oxford. Bagus dan modern.

September 2006 Dhani, pada usia 23 tahun, lulus Master Degree, bidang Marketing, Oxford Brookes University. Kerja keras anakku Dhani bisa dilihat dari IP nya yang cukup tinggi, Hanya kurang 3% saja, hasil akhir IP akan mencapai “Distinguished”. Ada subyek yang diberi angka average, karena bentrok atau berbeda pendapat dengan dosennya. Dhani tidak setuju dan tidak mau mengikuti jalan pikiran dari dosennya. Padahal kalau andaikata Dhani mengikuti nasehat dosennya, nilai subyek itu bisa “B+” atau “A”. Dan tentu akan merubah hasil akhirnya. Dhani melihat ini sebagai pembelajaran yang penting, bahwa memang menyesal diawalnya, tetapi cepat paham dan tetap percaya diri. Foto di klik.

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in memoir and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Oxford Brookes University (1) Computer Science dan Marketing

  1. Ella Azawa says:

    Saya mau tanya cara masuk ke oxford gmn ya ? Cra dpetin beasiswax gmn ? Thanks

    • Gufron Sumariyono says:

      financial support for undergraduate student please contact directly to Oxford Brookes University

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s