Hanoi (9) Halong Bay. Film ‘To morrow never die’ James Bond

Hanoi (9)
Cerita legenda tentang terbentuknya halong bay, yaitu ketika Vietnam bertempur melawan penjajah China, tuhan mengirimkan ‘family of dragons’ untuk membantu mempertahankan tanah Vietnam. Keluarga naga ini membantu dengan cara menyemprotkan atau meludah, yang keluar dari mulut naga adalah jewels dan jade. Waktu keluar terbentuklah pulau2 pulau yang saling berdekatan membentuk pagar betis. Selamatlah tanah Vietnam dari para penyerang China. Para keluarga naga sangat menyenangi dunia. Ibu naga lalu memutuskan tinggal didunia dan daerah itu disebut Ha Long. Anak-anak naga berkumpul dekat-dekat ibunya membentuk pulau jade kecil2 disebut kepulauan Bai Tu long. Tempat bermainnya anak2 naga disebut Bach Long Vy island .

Perjalanan dari Hanoi kekota Halong lancar. Mobil mini bus diisi 16 penumpang, penuh sesak, sehingga tour guidenya duduk dibangku kecil dan tidur melulu. Kami naik kapal tradisionil dan setelah satu jam sampailah kami ke kepulauan Bai Tu Long. Makan siang pun disediakan diatas kapal sambil memandangi pulau batu2 an yang indah itu. Sungguh indah sekali pemandangan disitu. Subhannalah. Batu2 limestones muncul dari lautan yang tenang dan air yang biru. Luar biasa indahnya. Jumlahnya ada dua ribuan yang tersebar diarea yang luas sekali. Halong menjadi terkenal setelah ada film James Bond yang di shoot di di Halong Bay, judul filmnya adalah : Tomorrow never dies. Foto2 Halong Bay ada disini : http://gsumariyono.multiply.com/photos/album/56

Terbentuknya pulau2 batu itu kira2 500 juta tahun yang lalu, digerus oleh ombak selama jutaan tahun. Panorama alam yang tidak ada duanya didunia, indah sekali, yang pantas untuk dikunjungi. Penginapan hotel berbintang mulai dipersiapkan, tetapi kata mereka2 yang pernah menginap, paling siip itu menginap diatas kapal, walau kabinnya sederhana, walau kabinnya kecil tetapi suasana romantis (tanpa tv, tanpa musik hidup) bisa dirasakan , terutama mereka yang baru kawin atau memang mau membuat honeymoon kedua. Kano-ing dan snorkeling pun tersedia, mandi dan berenang dilautpun ada juga, namun persediaan air tawar sangat terbatas.(bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan2 ke luar negeri and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s