Menara 165 (3) – Menara 165 sebagai Monumen Kebangkitan Islam di Indonesia

Menara 165  didirikan sebagai simbol semangat membangun Peradaban Emas. Menara 165 sebagai Simbol kebangkitan Umat. Menara 165 sebagai Simbol Bangkitnya peradaban Islam di Indonesia.

Menara 165 sebagai pusat kebudayaan ESQ menjadi wadah untuk membangun 7 Budi Utama ESQ yaitu: Jujur, Tanggung jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli sebagai karakter bangsa.

Menara 165 selain akan menjadi tempat penyelenggaraan training ESQ juga menjadi pusat seluruh kegiatan Alumni ESQ. Di Menara165, Alumni akan menjalin kerjasama untuk membangun kekuatan ekonomi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lapisan bawah seperti kaum dhuafa dan anak yatim piatu.

Menara 165 yang dibangun dan dikelola secara profesional oleh PT. Grha 165 Tbk sebagai perusahaan terbuka yang terdaftar di BAPEPAM. Sebagian besar saham PT. Graha 165 dimiliki oleh Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Yayasan ini didirikan oleh para Alumni ESQ untuk mengelola kegiatan sosial bagi kaum dhuafa dan anak yatim.

PT Grha 165 Tbk didirikan 1 Juni 2005 berdasar akta Hj Dewi Kantini Rolaswati SH, Notaris di Tangerang nomor 02 tanggal 01 Juni 2005. Akte pendirian telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI nomor C-177551HT.01.01. Perubahan terakhir dengan Akta Notaris Novita Puspitarini SH Notaris di Jakarta nomor 11 tanggal 17 Juni 2014.

Sebagai perusahaan yang dibangun untuk menjadi perusahaan public, perusahaan membuka kesempatan terbatas kepada alumni ESQ untuk dapat turut serta memiliki saham PT Grha 165 Tbk.

Analisis kepemilikan Nilai Nominal Saham, per 31 Desember 2014.

Pendiri                                                            Lembar         Saham

PT Dharma Rosadi Internasional (DRI)             11.780          8,34%

PT Agrabudi Karya Marga (ABKM)                   11.780          8,34%

PT Total Arga Bangun Bangsa (ABB)                 5.890          4,17%

Total Pendiri                                                    29,450          20,84%

Alumni

Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa            25.727          18,20%

Pemda Kutai Kartanegara                                12.500            8,84%

Alumni ESQ                                                    73.653          52,11%

Total Alumni                                                    111.880        79,16%

Total Saham yang sudah diterbitkan.                141.330        100 %

Saham yang masih belum diterbitkan                 58.670

 

QS At-Taubah 9:20 “Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan”.

QS At-Taubah 9:38 “Hai orang-orang beriman, apakah sebabnya apabila dikatakan kepada kamu:”Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah” kamu merasa berat dan ingin tinggal ditempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akherat? Padahal kenikmatan hidup didunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) di akherat hanyalah sedikit”

Kami para alumni ESQ yakin bahwa Allah akan menolongnya. Pesan spiritual yang dikumandangkan dari Menara 165, akan mengangkat Sila pertama Pancasila yaitu KeTuhanan kepuncaknya.

00000 lafaz

Kami para Alumni ESQ berjuang dijalur yang dilandasi spiritual. Masjid Ar Rohim sudah dibangun ditempat yang teratas, bukan di Basement dan bukan ditempat parkir. Lafaz ‘Allah’ ada dipuncak Menara 165. Bangsa Indonesia sekarang sedang terpuruk, karena telah berani meletakkan ‘musholla’ atau membiarkan ‘musholla’ berada di basement.

Bangunan Menara 165 termasuk yang diatasnya yaitu Masjid Ar Rohim, itu dibangun atas dasar takwa kepada Allah, semata-mata mengharap ridho Allah, sesuai dengan tuntunan Allah. Allah menjanjikan bahwa Allah pasti akan menolong menyelesaikan sampai selesai dan Allah akan menolong untuk terus bertahan menghadapi bencana, apabila terjadi. Allah memberikan petunjuk kepada orang-orang yang bertakwa.

Janji Allah pasti benar. Janji Allah pasti akan ditepati. Allah akan menjaga bangunan dan menolong PT Grha 165 menyelesaikan segala permasalahan. Amin ya Rabbal Allamin.
At-Taubah QS 9:109. “Maka apakah orang-orang yang mendirikan mesjidnya diatas takwa kepada Allah dan keridhaan Nya itu yang baik, ataukah orang yang mendirikan bangunan ditepi jurang yang runtuh, lalu bangunannya jatuh bersama-sama dengan dia kedalam neraka Jahanam? Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang zalim”

_000000 kabah

Kabah Baitullah

_000000 lok nga

Masjid di Lok Nga Aceh, diterjang Tsunami kecepatan 400 km/jam dan tinggi gelombang 20 m, tidak apa-apa. Sekeliling masjid rata dengan tanah setelah disapu tsunami. Subhanallah.

000000 menara

Gedung Menara 165

Ketiga bangunan diatas dibangun dengan takwa kepada Allah dan hanya mengharap keridhoan Nya.

Pertama adalah Kabah Baitullah. Dibangun oleh nabi Ibrahim dan sampai sekarang masih kokoh berdiri.

Kedua masjid di Aceh di Lok Nga dibangun dengan takwa kepada Allah, dan tetap berdiri kokoh ketika diterjang tsunami yang kecepatan air mencapai 400 km per jam dan tingginya 20 meter. Subhanallah.

Ketiga Gedung Menara 165 yang dibangun dengan ikhlas dan ke-takwa kepada Allah dan mengharap keridhoan Allah.

ESQ sedang membangun karakter bangsa, dan kegiatan itu dilakukan digedung Menara 165. ESQ sedang mengajak bangsa Indonesia kepada kebaikan. ESQ bekerja tanpa rasa putus asa. ESQ dengan sungguh-sungguh akan mengagungkan asma Allah. Semua cobaan, semua tantangan didalam membangun Menara 165 akan dihadapi ESQ dan alumni ESQ dengan tanpa rasa putus asa, dengan sungguh-sungguh. Allah SWT akan melindungi kita. Lafaz Allah diatas gedung akan diperjuangkan untuk tetap berdiri.

_00000 Menara 165Marzuki Alie, Ketua DPR:

Menara 165 adalah simbol perubahan karakter. Kita sudah berbicara moral sejak jaman orde baru, tapi kemerosotan moral terus terjadi. Ada yang salah dalam proses pendidikan masa lalu. Pendidikan formal di sekolah semakin lama semakin menurun kualitasnya.Sikap anak pada guru dan orang tua menunjukkan adanya kemerosotan. Pada masa orde baru pembangunan sekolah secara fisik luar biasa, tapi pembangunan manusia tidak diperhatikan.

Saya sangat mendukung apa yang dilakukan ESQ. Saat ini momentum 1 Muharam ini saya mengajak untuk memberikan keteladanan untuk melakukan perubahan agar anak-anak bias diharapkan menjadi pemimpin.

_00000 Menaara 165 MahfudMahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi:

Saya bersyukur dan mengucapkan selamat atas soft launching ini. ESQ memberi warna, mempercepat perkembangan Islam di masyarakat Indonesia. Saya kira gerakan masyarakat Indonesia sekarang, contohnya seperti ESQ dan gerakan lainnya sudah sangat mendorong dan memajukan semua. Sehingga saya optimis di tingkat masyarakat, gerakan kaum muslimin untuk memakmurkan bangsa dan negaranya secara inklusif akan terus maju tidak bisa dibendung.

Saya kira ini bagus untuk mempercepat atau mengakselerasi pembangunan karakter bangsa. Bangsa ini harus dibangun spiritualitasnya, mentalitas dan moralnya juga harus berjalan agar tidak ada lagi kecurangan-kecurangan di dunia pendidikan, pemerintahan, penegakan hukum dan lainnya.

Hadi Purnomo, Ketua BPK:

Kami merupakan bagian dari 1,1 juta alumni ESQ mengucapkan selamat kepada Pak Ary dan ESQ. Saya menjadi seperti ini karena ESQ. Sebelum menjadi Dirjen Pajak, saya sudah ikut ESQ. Saat pertama kali, merasa kaget dan merasa aneh. Setelah ikut training ESQ yang kedua kali, saya baru menyadari apa manfaat ESQ.

_00000 Menara 165 FauziFauzi Bowo, Gubernur DKI:

Saya gembira bahwa ini barangkali launching dan saat yang tepat untuk kebangkitan pembangunan karakter bangsa di tanah air yang kita cintai ini. Saya ucapkan selamat kepada keluarga besar ESQ, Pak Ary dan kawan-kawan pengurus. Sekali lagi saya doakan mudah-mudahan agar toping off dapat berjalan dengan lancar dan Menara ini akan menjadi menara kebanggaan bagi kita semua, amin.

_00000 Menara 165 P7K Wakil menteriMusliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan:

Saya mengucapkan apresiasi kepada ESQ Leadership Center yang sudah memprakarsai dan sudah membuat training yang luar biasa. Ketika pertama kali saya mengikuti training ESQ, saya merasakan pengalaman spiritual yang luar biasa. Sejak itulah semangat ESQ 165 ini bisa saya bawa sebagai Rektor Universitas Andalas. Sampai hari ini Training ESQ sudah dilakukan lima tahun bagi semua mahasiswa baru di Universitas Andalas.

Saya sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan tentu saja menyampaikan terima kasih kepada ESQ, sehingga pekerjaan berat membangun karakter bangsa ini tidak hanya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saja. Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah ingin membangun insan Indonesia cerdas komprehensif. Saya kira ini sejalan dengan ESQ 165.

_00000 Menara 165 DatukDatuk Husamudin Yacob, Ketua Forum Komunikasi Alumni ESQ Malaysia:

Setiap ke Jakarta saya selalu datang ke Menara 165. Karena di tempat inilah jiwa saya yang kosong, kembali membara. Bagi saya ini (ESQ) adalah ekspor yang paling baik. Bukan minyak, bukan gas, dan juga bukan batubara. Tapi ilmu yang diajarkan di Menara 165 merupakan satu solusi yang baik. Selama empat tahun saya memasukkan ESQ ke dalam perusahaan saya, selama itu pula banyak masalah yang terselesaikan. Dimana masalah itu tidak pernah selesai selama ini.

Ketika tiga pimpinan Indonesia tadi menceritakan hal yang serupa yaitu bagaimana membangun karakter bangsa dan memulihkan moral bangsa. Saya merasa, ESQ-lah solusi yang paling bagus. Kalau training ESQ bisa dibawa ke tingkatan yang lebih, saya yakin permasalahan moral di Indonesia dan Malaysia akan selesai.•

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in manajemen and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s