Laringitis (2) – Pita suara tidak berfungsi

Laringitis (2) – Pita suara tidak berfungsi.

Laringitis adalah peradangan yang terjadi pada pita suara, bagi romo Ciput pita suara yang sehat merupakan andalan modal utama romo Ciput untuk bekerja.

Romo Michael Agung Christiputro atau dipanggil romo Ciput, sudah sering periksa ke dokter THT Malang, karena menderita iritasi pada pita suaranya . Dokter THT yang memeriksa mendiagnosa adanya infeksi. Akhir-akhir ini iritasi semakin sering kambuh di pita suaranya. Dokter mengkategorikan laringitis yang kronis bukan akut. Karena laringitis akut, biasanya hanya terjadi akibat virus yang menyerang pita suara.

Pita suara itu apa ?

Pita suara adalah salah satu bagian dari ‘paket luar biasa’ ciptaan Allah, yang susunannya  terdiri dari tulang rawan, otot dan membran mukosa yang membentuk pintu masuk kesebuah kotak, bagian dari batang tenggorok. Di dalam kotak suara terdapat pita suara—dua buah membran mukosa yang terlipat dua membungkus otot dan tulang rawan. Luar biasa sempurnanya.

Normalnya, pita suara akan membuka dan menutup dengan otomatis, sistimatis dan terkontrol oleh otak kita, akan mengeluarkan suara melalui pergerakan dan getaran dari membran mukosa yang terbentuk. Bisa lembut, nyaring atau keras sekali, tergantung kita. Tapi bila terjadi laringitis, pita suara akan meradang atau terjadi iritasi pada pita suara.

Kalau kotak pita suara tersebut membengkak, menyebabkan perubahan suara, yang diproduksi oleh udara yang lewat melalui celah diantara keduanya, suara akan terdengar serak. Pada beberapa kasus laringitis, suara akan menjadi sangat lemah sehingga tidak terdengar.

Laringitis yang diderita Romo Ciput sering kali membuat romo harus berulang kali berdehem untuk membersihkan tenggorokan. Suara romo semakin lama semakin serak, semakin pelan, ada rasa gatal dan kasar di tenggorokan, ada rasa sakit di tenggorokan dan ditambah tenggorokan romo kering dan batuk kering.

Laringitis akut yang diderita romo Ciput ini biasanya terjadi saat romo sembuh dari penyakit flu. Romo berkonsultasi ke dokter ahli paru-paru untuk mengechek apakah ada radang paru-paru. Karena suara romo semakin lama semakin serak, lalu romo memeriksakan ke dokter ke-3 yang ahli penyakit dalam, barangkali ada asam dari perut yang mengalir kembali ke dalam kerongkongan dan tenggorokan. Istilah kedokteran gangguan ini disebut gastroesophageal reflux disease (GERD).

Tanda-tanda utama terjadinya laringitis adalah suara serak. Romo tahu. Romo Ciput sudah menderita sakit suara serak, sembuh, lalu sakit lagi, sembuh lagi selama bertahun-tahun. Perubahan pada suara romo dapat bervariasi tergantung pada tingkat infeksi atau iritasi, biasanya hanya sedikit serak, tetapi pernah juga suara romo hilang total. Sebagai pastor, maka suara yang hilang total akan sangat mengganggu tugas sehari-hari, tidak mampu memimpin misa, tidak mampu menikahkan penganten. Sebagai Rektor pun sangat mengganggu, karena tugas rektor mengkoordinasi banyak pekerjaan dan harus berhubungan dengan banyak orang.

Romo itu dulunya memang seorang perokok ringan sekarang sudah berhenti. Dokter sudah tahu kalau romo menggunakan pita suara itu biasa biasa saja. Masih normal. Romo memimpin menyanyi waktu mempersembahkan misa, yang dilakukan dengan normal. Kalau romo berbicara pun tidak pernah berteriak. Ringkas ceriteranya bahwa biang keladi yang menyebabkan iritasi pada pita suara romo bukan dari menyanyi atau berteriak. Pasti ada penyebab lain.

Tanggal 13 September 2012 romo Ciput memutuskan masuk Rumah Sakit Panti Nirmala di jalan Soegijono Malang untuk mencari biang keladi penyebab suara serak. Romo Ciput ingin mengembalikan suara yang menghilang agar menjadi suara yang normal agar para pendengar merasa nyaman. Agar romo dapat memberikan seminar dengan jelas, memimpin rapat di UKWK secara normal, memberikan kotbah yang menyenangkan. Selain isi kotbah bagus, suaranya pun bagus, menyanyi bagus. Ini bukan penampilan fisik. Ini adalah bagian dari kekuatan romo dalam berkomunikasi.

Romo Ciput sangat yakin bahwa komunikasi adalah kekuatan dahsyat yang mampu membuat orang sukses. Sekarang ini banyak hal penting yang yang harus dipahami, yang harus dipelajari, dan yang harus dijalani dalam kehidupan ini. Kesuksesan adalah rangkaian pencapaian yang membutuhkan kemampuan dalam mengkomunikasikan diri, baik internal maupun eksternal. Romo Ciput sangat yakin bahwa kalau seseorang dapat berkomunikasi dengan baik dan dengan cerdas maka kesuksesan pun akan mendekat. Masa jabatan Rektor I 2007-2012 sukses dan lancar. Maka tantangan berikutnya masa jabatan ke II 2012-2017 direncanakan akan lancar. Suara yang enak didengar, yang normal dan membuat nyaman pendengar adalah dambaan romo Ciput. Bukan suara yang serak, yang tidak nyaman didengar.

Ahli THT dan ahli paru-paru di RSPN Malang mendapat tantangan yang serius. Pada awalnya tim dokter mencurigai bahwa romo Ciput yang suaranya serak dan badannya demam sedikit mungkin menderita sariawan pada pita suara, atau ada semacam bisul (polip atau nodules) pada pita suara, atau mungkin adanya tumor pada paru-paru. Dengan alat yang paling baik yang ada di RSPN, para ahli spesialis di RSPN Malang bekerja keras mencari penyebab suara serak.

Faktor usia pun bisa menyebabkan suara serak, karena pita suara sudah kendur. (bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in health and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s