Raja Ampat (4) – Ondo Sirait berjasa membuat petualangan ini sukses

di petualangan di hari pertama saya sebut sebagai pemanasan .Kami diajak melihat panorama disekitar pulau Waigeo dan belajar serta praktek ber snorkeling. Bagi kami itu sudah indah dan mempesona.
 
Di episode Raja Ampat (4) ini saya cerita tentang orang yang berjasa membuat trip petualangan ke Raja Ampat ini sukses besar. Dan persiapan yang sangat vital.
 
Kisah di hari Sabtu, 29 Desember 2012.
 
Pagi jam 05:00 Bang Ondo, mas Ade, pak Husin dari LSM CI, dan beberapa karyawan Hotel Waisai Beach terlihat sibuk sekali. Semalam tim Stalagmite Adventure telah bekerja keras sampai jauh malam, bahkan ada yang sampai pagi. Logistik yang diperlukan untuk berpetualang diluar Waisai, (artinya diluar pulau Waigeo,) harus benar2 lengkap. Makanan dan  minuman untuk peserta dan crew selama  4D/3N harus cukup untuk 30 orang bahkan lebih. Yang dibawa beras 2 karung @ 50 kg, kecap, cabe, tomat, air minum 12 galon, kompor besar (2), panci besar (2), piring dan gelas plastik, tenda besar (5), terpal.
 
Barang bawaan 20 peserta petualang  untuk 4D/3N, seperti misalnya baju ganti, pakaian renang, alat snorkeling, tustel, film camera, sepatu traking, sandal sudah dipak di tas masing2. Umumnya di tas gendong. Barang yang tidak dibawa ditinggal di hotel. Ternyata barang bawaan peserta petualang Raja Ampat itu seabrek-abrek, alias banyak sekali. Semua itu diangkut dengan mobil taxi Avanza yang masih baru, dari hotel Waisai Beach ke dermaga. Kapal Ugelan rupanya termasuk berukuran besar, ukurannya 3,5 m x 21,5 m, dengan motor Yamaha 2 x 200 PK. Kapal itu mampu memuat semua barang-barang itu. Dek paling atas untuk panci-panci besar, 12 galon air dan alat snorkeling. Ruang didalam tempat duduknya penuh, tas-tas gendong dengan macam-macam makanan, sudah lengkap dibawa masing-masing peserta trip Adventure. Semua orang gembira. Semua exited. Semua disiplin. Kami akan bergerak kalau sudah ada instruksi dari bang Ondo, pemimpin petualang ‘Stalagmite Adventure’.
 
Siapakah bang Ondo Sirait ?
 
Dia ini mirip Ben Fogle yang sering ditayangkan Indovision dalam program bernama Adventures with Ben Fogle on BBC Knowledge.
 
Image
01 Ondo Sirait
Ondo Sirait adalah Sarjana Geographi dari Universitas Gadjah Mada. Angkatan 1997. Umur sekitar 30 tahun. Masih bujangan. Kulit hitam akibat terbakar sinar matahari. Mampu berbahasa Jawa halus dengan logat Batak yang kental. Sangat lucu kalau mendengarkan bang Ondo ngomong Jawa. Orangnya sangat komunikatif, selalu melempar energi positip, selalu tersenyum, selalu siap membantu para peserta trip Petualang Stalagmite Adventure. Ondo Sirait baru setahun membuka Usaha Biro Perjalanan Stalagmite Adventure. Yang mengkhususkan pada perjalanan petualangan seperti trip ke Kepulauan Seribu, ke Kepulauan Karimun Jawa, ke pulau Komodo, ke Raja Ampat, ke gunung Bromo, ke gunung Krakatau. Jadwal trip dikomunikasikan lewat email ke orang per orang yang sudah dikenal dan sudah pernah ikut trip adventure yang dipimpin bang Ondo. Untuk trip ke Raja Ampat, kami membayar sebanyak Rp 7 juta. Bila ditambah tiket Jkt ke Sorong (Rp 3,2 jt) menjadi Rp 10 atau 11 juta. Bagi wisatawan domestik uang sebanyak itu dinilai mahal. tetapi dibanding dengan paket trip ke Raja Ampat dari Biro lainnya biaya itu sudah murah sekali. Biro Perjalanan lainnya men-charge rata-rata Rp 20 juta-an per orang untuk 7D/6N. Jangan heran karena harga tiket kapal, harga akomodasi hotel atau resort sangat mahal. Jadwal trip petualangan bang Ondo ada dibawah ini : 
Trip Schedule:
– FunCaving @ Buniayu Sukabumi, 11 – 13 Jan 2013
– FunRafting @ Cicatih, 19 Jan 2013
– FunDiving @ Bunaken, 23 – 27 Jan 2013
– FunTrip to Sawarna, 8 – 10 Feb 2013
– Terbang Tandem Paralayang, 16 Feb 2013
– FunTrip to Singkawang (special Cap Go Meh), 21 – 25 Feb 2013
– FunTrip to Kiluan (hunting dolphin), 1 – 3 Mar 2013
– FunTrip to Derawan, 9 – 12 Mar 2013
– FunTrip to Bromo – Madakaripura – Peklaen, 15 – 17 Maret 2013
– FunTrip to Karimun Jawa, 11 – 15 April 2013
– FunTrip to Raja Ampat – Papua, 18 – 23 April 2013
 
Partner bang Ondo adalah Ade Setiabudi. Siapakah Ade Setiabudi ?
 
01 Sawinggrai+Raja+Ampat+021.+Ondo,+Gufron,+Ade+....
01 Ade Setiabudi
Ade Setiabudi adalah Sarjana Geographi lulusan Universitas Gadjah Mada. Angkatan 1999. Umur sekitar 30 tahun. Masih bujangan. Orangnya pendiam, bertampang ilmiah, kalau bicara sangat irit sekali, kulitnya hitam karena terbakar matahari. Mas Ade ini tidak jaim, tetapi orangnya memang kelihatan serius. Ade lahir di Sorong dan mendapat beasiswa PMDN dari Kabupaten Sorong untk kuliah di Fakultas Geografi UGM Yogyakarta. Ade adalah partner yang penting buat bang Ondo untuk trip petualangan ke Raja Ampat. Jaringan dan kenalan Ade di Raja Ampat sangat luas. Raja Ampat sedikit daratan, hampir semuanya laut, tidak ada signal telepon, itu semuanya membuat sulit kita orang kota yang dimanja oleh alat telekomunikasi yang canggih. Signal hanya ada di Waisai saja. Di laut Raja Ampat tidak ada. Ade sangat menyukai lingkungan dan waktu saya ngobrol dengan Ade, dia berniat ikut aktif melestarikan kekayaan fauna dan flora di Papua Barat. Ade sangat teliti sekali, dan Ade sebagai Manager di Waisai beach Hotel mempunyai kewenangan untuk membawa panci yang besar-besar, dan peralatan dapur lainnya. dan juga Ade menginstruksikan 2 staf masak dari hotel untuk menyertai rombongan. Persiapan itu membuat peserta petualang nyaman. Sudah ada yang ngurus makan, ngurus minum, ngurus tidur dilapangan (tenda lapangan). Kami tinggal bersenang-senang.
 
Crew kapal juga lengkap. 01 Kapten Husin asal Ternate, tanggung jawab besar.Kapten Husein, asal Ternate,  bilang ke saya bahwa dia ingin membuat kita tamu2nya merasa senang dan bahagia selama tinggal di Raja Ampat. Kapten Husein memang mendemonstrasikan sebagai kapten yang bertanggung jawab. Ada 2 ABK yang membantu pak Kapten Husin, namanya si Yudi dan anak muda yang ‘gayanya gaul’ namanya Iwan.
 
Pak Husein (namanya sama dengan kapten kapal) dari LSM CI juga sangat concern dengan kita. 005 Husin orang LSMPak Husein dari LSM CI sudah bekerja di LSM sejak 1990. Waktu tahun 1990-an penangkapan ikan di Raja Ampat sangat ‘brutal’, sangat kacau, sangat bebas. Kapal ikan dengan pukat yang besar, menangkap semua ikan, Jumlah kapal nya banyak dari dalam negeri maupun kapal asing. Penduduk menangkap ikan dengan mengebom. Tahun 1990 LSM CI turun tangan membantu pemerintah untuk menghentikan semuanya. Baru tahun 2003 kegiatan menangkap ikan bisa di hentikan. Semua kapal ikan dilarang masuk ke Kabupaten Raja Ampat. Penduduk asli dilarang mengebom ikan, atau meracuni ikan. Mereka hanya diizinkan memancing di lokasi tertentu saja. Patroli ditingkatkan. Dana disediakan oleh LSM CI dan pemda. Banyak pemuda lokal yang direkrut, antara lain pak Husin. Dan 3 pemuda Papua bertampang sangar, mirip preman Tanah Abang, mereka ber-3 lah yang melarang kami ber-snorkeling di pulau Friwen kemarin.
 
Petualangan kami 4D/3N sudah dipersiapkan dengan optimum, dengan maksimal. Jadi apalagi? dari peserta yang jumlahnya 20 tidak ada yang komplen, semuanya nerimo, semuanya pasrah, semuanya manut kepada perintah bang Ondo. Kita sudah diberitahu bahwa selama 4D/3N dimana 2 malam pertama akan tidur ditenda ditepi pantai dan malam ke 3 pas malam tahun baru akan berada di perkampungan penduduk dan tidur dirumah penduduk. Setiap hari akan ada acara snorkeling di laut terbuka, diantara pulau pulau kecil untuk melihat terumbu karang yang sudah terkenal ke seluruh dunia berkat National Geographic edisi september 2009. Ratusan reseacher dan ribuan turis asing pada berdatangan ke Raja Ampat, surganya penyelam dan surganya penikmat terumbu karang dan ikan berwarna-warni. Menurut Laporan The Nature Conservancy  and the Conservancy International, 2 LSM berkelas dunia, di Laut Raja Ampat ada 75% spesies ikan didunia bisa ditemui di Laut raja Ampat, dan ribuan spesies terumbu karang berada di Laut Raja Ampat. a99a5Benar-benar surga dunia, benar-benar pulau yang menakjubkan. kami semua membawa alat snorkeling untk melihat dengan mata kepala sendiri 537 koral dan karang beraneka warna dan 639 spesies koral yang lunak. Dengan snorkel kita bisa menikmati keindahan bawah laut. Merupakan surga bawah laut yang luas dan yang indah yang tidak terdapat di perairan lain di Indonesia.
 
Saking indahnya banyak yang bilang kalau pemandangan Raja Ampat seperti dalam mimpi. Benar-benar keindahan alami yang luar biasa. Pesona bawah lautnya sangat memukau dan sekarng bahkan terpilih 10 perairan dunia terbaik untuk diving. Dinding bawah laut yang vertikal yang ratusan banyaknya bisa ditemui disetiap pulau kecil, yang penuh dengan aneka koral dan karang yang warna warni dan ikan besar dan kecil yang warna warni. Mereka berenang hilir mudik seolah-olah menjaga wilayahnya.
 
Tidak perlu ungkapan keindahan langit biru. Tidak perlu ungkapan keindahan warna air nan bening warna biru. Tidak perlu ungkapan keindahan warna hijau daun-daun hutan disemua ratusan pulau pulau kecil di Laut Raja Ampat. Tidak bisa diungkapkan keindahan dibawah laut. Semua mengatakan kepada kami :’ Selamat Datang di Raja Amapat. Inilah surga keanekaragaman hayati laut tropis yang terkaya, yang terindah, yang mempesona didunia pada saat ini.’
Di episode berikutnya, ceritera tentang petualangan 4D/3N menjelajah wilayah Raja Ampat.a39a1a39a2c07c12 (bersambung)
 

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan-jalan dalam negeri and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s