Raja Ampat (10) – Ber-snorkeling di Raja Ampat

Saya bukan penyelam. Saya bukan penggemar olah raga laut. Saya tidak bisa ber snorkeling. Saya bisa berenang tetapi hanya dikolam renang. Waktu anak2ku masih kecil, kami beberapa kali ke Ancol, tidak untuk berenang dilaut karena air laut Ancol kotor, kami berenangnya di kolam renang air tawar.

7D6N diakhir Desember 2012, saya berpetualang di Raja Ampat. Tim petualang Raja Ampat yang unik. Peserta petualang 20 orang, 5 cowok dan 15 cewek. Ada opa-opa, oma-oma, oom-oom, tante-tante, ada pria muda jomblo dan ada cewek-cewek yang masih bujangan. Lebih dari separoh tidak bisa atau belum pernah ber-snorkeling.

Hari pertama petualang di Raja Ampat diisi dengan kursus teori dan praktek snorkeling di pulau Saonek, tidak jauh dari pelabuhan Waisai. Pantai Saonek sangat indah sekali, pasirnya lembut warna putih sekali dan bersih tidak ada kotoran, tidak ada sampah, sepi tidak ada orang, hanya anak-anak lokal Papua yang ada disitu. Kami turun dari speedboat ‘Ugelan’, yang kami sewa 7D6N selama di Raja Ampat. Pakaian tempur yang lengkap, ada life jacket, mask dan pipa U untuk napas dan kaki katak. Pelajaran pertama bagaimana memasang mask danalat napas, bagaimana memasang kaki katak, lalu jalan mundur…… agar tidak jatuh. Setelah air laut mencapai sedada, mulai praktek snorkeling. Napas dengan mulut, mata memandang air laut yang bersih nan jernih.01 Latihan dan praktek Snorkeling02 Peserta Petualang Raja Ampat berlatih snorkeling
Wow… fantastik sekali. Ada ikan kecil yang jinak tidak takut manusia, ada pasir bergelombang putih nan bersih, air lautnya tenang tidak berombak. Dari situ saya sudah tersihir, sudah terhipnotis, terpesona dengan panorama di laut Saonek. Baru sebatas pantai, pasir, terumbu kerang yang sehat, ikan kecil yang banyak jumlahnya… saya sudah senang setengah mati. 02a pasir bergelombang pantai Saonek, putih nan bersih

pasir yang lembut, yang putih nan berih, air laut yang jernih sekali

pasir yang lembut, yang putih nan berih, air laut yang jernih sekali

ikan kecil banyak dan jinak berenang disekitar kami

ikan kecil banyak dan jinak berenang disekitar kami

rumput yang sehat, yang bersih

rumput yang sehat, yang bersih

terumbu karang yang sehat, yang dipelihara dan dijaga

terumbu karang yang sehat, yang dipelihara dan dijaga

Setelah sejam nyemplung di air laut, ada kemajuan yang sangat berarti bagi saya. Maklum umur sudah kepala 6. Bagaimana belajar bernapas dengan mulut, dan bagaimana menikmati pemandangan dibawah air laut, bagaimana berenang dengan life jaket atau tanpa life jaket,bagaimana mengatur semuanya agar air laut tidak masuk kemulut….. Asyik dan ini tantangan bagi saya. Akhirnya ada kemajuan. Alhamdullilah.

sudah mahir bersnorkeling, sesudah sejam latihan.

sudah mahir bersnorkeling, sesudah sejam latihan.

Selama 7D kami berpetualang di Raja Ampat, setiap hari ada 3x bahkan kadang 4 x ber-snorkeling ditempat yang berbeda-beda. Speedboat Ugelan, memiliki mesin Yamaha dua, masing2 kapasitas 200 PK. Kami sewa selama 7 hari, berkeliling kepulauan Raja Ampat, yang terdiri dari 80% laut dan 20 % pulau kecil2. Pulau yang berpenduduk hanya 5 pulau dengan jumlah penduduk 42.500 orang saja.

Beberapa foto yang kami abadikan setelah kami mahir ber-snorkeling. Pemandangan panorama bawah laut di laut Raja Ampat sangat indah. Kami petualang Raja Ampat, benar tersihir dan terhipnotos dengan indahnya terumbu Karang, dengan warna-warni ikan yang kecil, yang sedang, dan yang besar….. dan jinak sekali. Tidak takut kepada manusia.

siap untuk ber snorkeling

siap untuk ber snorkeling

Saya memberikan makanan roti ke ikan di Sawinggrai Village. Roti saya jepit di ibu jari kaki, lalu kaki saya celupkan ka air laut, sambil duduk di tangga di dermaga…. masya Allah ….itu ikan-ikan

ikan makan roti dari jari kaki

ikan makan roti dari jari kaki

makan roti dari jari kaki

dinding kemiringan 90 derajat yang penuh terumbu karang warna warni, bagus sekali

dinding kemiringan 90 derajat yang penuh terumbu karang warna warni, bagus sekali

ada dinding kemiringan 90 derajat yang penuh terumbu karang warna warni, bagus sekali

ikan menyerbu roti dan kaki saya. Dipatuk-patuk oleh ikan warna-warni. geli .. Saya gembira dan senang sekali dan merasakan geli yang sensasional sekali…. Baru sekali merasakan, uenaknya pol sekali, nikmat yang membuat ‘merinding’ ..

Di Diving Lodge, sebuah resort di laut Raja Ampat yang mewah dan mahal sekali, pemiliknya ternyata orang melayu. beliau orang Bali, dan memberikan izin rombongan kami, untuk  bersnorkeling ria. Dermaga kayu yang indah eksotik di Lodge yang mewah itu menjadi pusat kumpul rombongan dan makan siang. Terima kasih pak Made. Waktu kami snorkeling dilaut, saya melihat ikan nemo yang warna warni putih orange, wow .. sangat indah sekali. Ikan nemo yang kami cari-cari selama beberapa hari. Indah sekali ikan nemo, berenang disekitar rumahnya terumbu karang berwarna kehijauan. Terumbu warna hijau yang elastis dan lemas itu bisa gela-gelo, mengikuti arus ombak air laut.

Fantastik.. dan sangat indah sekali .. subhanallah.

O

Fantastic snorkeling place... dahsyat ..indah ..

Fantastic snorkeling place… dahsyat ..indah ..

Di Painemo kami ber-snorkeling diantara dua bukit pulau yang airnya sangat jernih. Ada sedikit arus dibawah air, namun tidak berbahaya.Dinding bukit pulau itu menghunjam kedasar laut sedalam 10 – 15 meter. Dan didinding yang kemiringan 90 derajat itu, mirip dinding tembok pulau. Pemandangannya sangat menakjubkan, sangat indah, sangat spektakuler, sangat dahsyat. Diseluruh dinding tembok tumbuh terumbu kerang warna-warna … bayangkan … dan disela-sela terumbu karang ber sliwar sliwer ikan hias warna warni sangat indah sekali. Ada spesies terumbu karang yang bisa gela-gelo, ada yang panjang, ad01 ikan di terumbu karang

dinding kemiringan 90 derajat yang penuh terumbu karang warna warni, bagus sekali

dinding kemiringan 90 derajat yang penuh terumbu karang warna warni, bagus sekali

ikan di Raja Ampat 0101 Maya Resort at Raja Ampat

a yang pendek, ada yang kaku warna-warna…. banyak macam bisa dilihat di dinding pulau itu. Subhanallah… indah sekali.O

 

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in jalan-jalan dalam negeri and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s