Tai Chi Chuan (3) Ibu Tjandra Widjaja sakit

Ibu Tjandra Widjaja, adalah guru tai chi chuan saya. Sudah 3 bulan lebih, beliau tidak mengajar tai chuan kepada grup Porpi yang berlatih setiap hari di Senayan. Saya mempunyai hubungan emosi yang istimewa dengan ibu Tjandra. Beliau guru tai chi yang saya hormati dan saya kagumi.

Ibu Tjandra menderita sakit serius, beliau mengalami perdarahan otak (brain hemorrhage) ini adalah tipe stroke.  Tipe stroke brain hemorrhage ini disebabkan oleh arteri dalam otak yang pecah dan menyebabkan perdarahan lokal pada jaringan-jaringan sekelilingnya. Akibat dari perdarahan ini membunuh sel-sel otak.

Sumber Yunani untuk darah adalah hemo. Hemorrhage secara harafiah berarti “meledaknya darah terus menerus”. Brain hemorrhages juga disebut cerebral hemorrhages, intracranial hemorrhages, atau intracerebral hemorrhages.

Apa yang terjadi selama perdarahan otak (Brain Hemorrhage) ?

Ketika darah dari trauma mengiritasi jaringan-jaringan otak, ia menyebabkan pembengkakan. Ini dikenal sebagai cerebral edema. Darah yang bersatu terkumpul kedalam massa yang disebut hematoma. Kondisi-kondisi ini meningkatkan tekanan pada jaringan otak yang berdekatan, dan itu mengurangi aliran darah yang vital dan membunuh sel-sel otak.

Perdarahan dapat terjadi didalam otak, antara otak dan selaput-selaput yang menutupinya, antara lapisan-lapisan dari penutup otak atau antara tengkorak dan penutup dari otak.

Penyebab Perdarahan Otak (Brain Hemorrhage)

Ada beberapa faktor-faktor risiko dan penyebab-penyebab dari perdarahan otak (brain hemorrhages). Yang paling umum :

  • Tekanan darah tinggi. Kondisi kronis ini dapat, melalui periode waktu yang panjang, melemahkan dinding-dinding pembuluh darah. Tekanan darah tinggi yang tidak dirawat adalah penyebab utama yang dapat dicegah dari perdarahan otak (brain hemorrhages).
  • Aneurysm ini adalah pelemahan pada dinding pembuluh darah yang membengkak. Ia dapat pecah dan berdarah kedalam otak, menjurus pada stroke.
  • Kelainan pembuluh darah. Dimana kelemahan pada pembuluh-pembulh darah di dan sekitar otak mungkin hadir pada waktu kelahiran dan terdiagnosa hanya jika gejala-gejala berkembang.
  • Amyloid angiopathy. Ini adalah ketidaknormalan dari dinding-dinding pembuluh darah yang adakalanya terjadi dengan penuaan.
  • Usia bu Tjandra 80 tahun. Ini mungkin menyebabkan banyak perdarahan-perdarahan yang kecil dan tidak terasa sebelum menyebabkan yang besar. Saya tidak tahu dan saya tidak bisa memastikan, apa penyebab bu Tjandra Widjaja mengalami pendarahan di otak.ceriteranya begini :Tanggal 19 Oktober 2012, bu Tjandra Widjaja ulang tahun yang ke 80. Beliau hadir jam 0600 pagi dan melatih kami dengan gembira, dengan semangat dan dengan ikhlas sekali. Itulah yang sangat saya kagumi. Selesai berlatih, lalu ada acara sedikit di panggung. Beliau sangat gembira pagi itu. Makan pagi pun disiapkan untuk semua anggauta Porpi Senayan, dimana makanan yang ada itu dibawa oleh sahabat-sahabat bu Tjandra. Pokoknya menyenangkan sekali.Siangnya bu Tjandra pergi kesuatu tempat dan waktu pulang kerumah, beliau pingsan dan darah yang keluar dari hidung. Oleh putri bu Tjandra beliau dibawa ke rumah sakit Siloam di kebon jeruk. Dan langsung ditangani secara serius. Besoknya di bawa ke Singapore untuk mendapat perawatan yang lebih advanced.

    Saya baru ketemu lagi pada hari Minggu 10 Pebruari 2013 yang lalu. Kami pengurus Porpi Senayan menengok bu Tjandra. kondisi bu Tjandra duduk dikursi roda ditemani 2 orang suster perawat yang senior. Masih gagah, masih sehat, namun kelihatan kalau habis sakit.

    Bu Tjandra kehilangan seluruh ingatannya. Beliau tidak bisa diajak bicara, karena ada bagian dari otak yang hilang sewaktu dioperasi mengambil gumpalan darahnya. Seorang Shinshe dari Beijing telah didatangkan ke jakarta untuk mengobati penyakit bu Tjandra agar mampu pulih kembali seperti semula. Sekarang bu Tjandra masih di obati oleh Shinshe tersebut.

    Pandangan mata bu Tjandra menuju kesatu titik, tanpa ada emosi, kosong. Menurut penjelasan anak laki-lakinya Johny, bahwa organ badan bu Tjandra masih berfungsi bagus semua. Hanya otak tidak berfungsi. Seperti sebuah komputer yang chipnya rusak. Tidak bisa berreaksi atas suara, atau apapun yang berada di sekelilingnya.

  • Mari kita doakan agar bu Tjandra dapat pulih kembali normal, dan mengajarin tai chi chuan seperti semula. pic 001

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in health and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s