Menara 165 (4) – Buku ESQ

evans-blog-emotional-spiritual-quotient-esq-ary-ginanjar-agustianBuku ‘ESQ’ mengupas Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Buku ‘ESQ’ yang dikarang oleh Dr (HC) Ary Ginanjar Agustian ini termasuk Best Seller. Yang saya miliki buku cetakan ke-28 tahun 2006, dan total yang sudah dicetak 440.000 eksemplar. Luar biasa. Pertama dicetak 2001. Menurut perkiraan saya, sampai 2012 sudah dicetak satu juta lebih. Sungguh luar biasa populernya.

Apa yang diutarakan dalam buku ESQ karangan nya Ary Ginanjar Agustian, sesungguhnya diperoleh dari inspirasi 1 nilai Ihsan, 6 komponen iman dan 5 unsur kegiatan Islam, yang didalam agama Islam dikenal dengan Rukun Iman dan Rukun Islam.

Musuh lama di Indonesia ada tiga, yaitu kemiskinan, kebodohan dan kebobrokan. Ketiga musuh lama ini sangat menghambat masuknya Islam di Indonesia. Sampai sekarang ketiga musuh lama itu masih ada, masih merajalela di wilayah yang luas sekali.

Buku ESQ dan training ESQ ternyata mampu melemahkan ketiga musuh lama itu, bahkan meningkatkan karakter orang yang pernah menghadiri training ESQ. Ceriteranya begini :

Kira-kira tahun 622 – 624 tahun Masehi, Nabi Muhammad menjelaskan pertama kali dihadapan para sahabatnya di Masjid Madinah (Yatsrib). Kehidupan para sahabat Nabi terutama yang menghayati Rukun Iman, Rukun Islam dan Ihsan  itu pengejawantahan dan pelaksanaan ajaran agama Islam yang tercantum di buku Al Quran. Mereka hidup sesuai dengan tuntunan di dalam Al Quran, dalam arti yang seluas penghayatan mereka.

Ketika Islam mulai memasuki Indonesia, agama itu sudah tercampur dengan pengaruh segala macam. Namun hebatnya Rukun Iman, Rukun Islam dan Rukun Ihsan masih mampu terfokus di jiwa dan karakter para pendakwah agama. Pengabdian kepada Allah SWT didalam kerohanian masih utuh.

Sedang kegiatan yang bersifat duniawi masuknya ke Indonesia sudah tercampur dengan pengaruh dari luar menimbulkan berbagai macam doktrin, yang asalnya ada yang dari Islam dan doktrin atau kebiasaan yang bukan Islam. Sehingga melahirkan metode pendidikan yang bermacam-macam, ekonomi yang macam2, kegiatan di masyarakat yang bervariasi. Pengaruhnya adalah Rukun Iman, Rukun Islam dan Rukun Ihsan seperti dibelenggu dalam wilayah yang sempit.

Buku ESQ karangan pak Ary juga berisi upaya-upaya yang menggabungkan dua hal yaitu realitas duniawi dan spirit ketuhanan. Kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Dua hal itu sering dipisah dengan garis yang tegas. Kedua hal itu sering berada diposisi yang berseberangan. Pelaku pelaku bisnis lebih mementingkan IQ dan EQ. Mereka meremehkan bahkan ada yang mengesampingkan SQ. Pengembangan karakter itu lah area yang dibidik oleh Ary Ginanjar. Karakter harus dibina sedini mungkin, dan ditanamkan disetiap individu di bumi pertiwi ini. Sasaran Indonesia Emas 2020 adala manusia yang berkarakter, yang mempraktekkan 7 Budi Utama dalam kehidupan sehari-hari. (bersambung)

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in manajemen and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s