Pengalaman spiritual (2) – Kader Mahasiswa Katolik

R1c

Di Boulevard Bulaksumr Kampus UGM Yogyakarta, 1967

Di awal Juli 1963 saya masuk Fakultas Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada dan tinggal di asrama mahasiswa Realino di Jalan Gejayan Yogyakarta. Gedungnya bagus dan mewah, lantai atas untuk kamar para mahasiswa, bagian bawah untuk ruang serba guna. Asrama Realino terdiri dari 2 blok, blok ke 3 untuk IKIP Sanata Dharma. Tiap blok mempunyai aula serba guna yang luas, kamar mandi banyak, ada ruang perpustakaan, ruang kapel, ruang makan para mahasiswa dan dapur asrama. Luar biasa lengkapnya. Halaman asrama Realino luas, ada lapangan basket, lapangan voli, lapangan tenis dan lapangan sepakbola. Semua tertata rapi, dipimpin oleh pastor Jesuit yang mengetrapkan disiplin yang tinggi. Inilah tempat yang ideal untuk belajar menuntut ilmu dan untuk berlatih ilmu berorganisasi kemahasiswaan.

realino cantikara

Gufron , Ketua Umum Asrama Realino beserta para pengurs asrama Realino lainya danpengurus asrama mahasiswi Cantikara.

 

Sebagian dari penghuni Asrama Realino yang katolik diseleksi oleh Romo HC Stolk untuk digembleng lebih mendalam tentang berorganisasi, kepemimpinan dan ajaran spiritual katolik. Gemblengan spiritual ini dilakukan setiap Jumat malam setelah makan malam di gereja katolik Mrican, yang terletak disamping lapangan sepakbola Realino. Jumlahnya tidak banyak hanya sekitar 15 – 20 orang yang dikenal sebagai kelompok Maria Conggregasi atau MC.  

 

Rad

para penghuni asrama Realino 1967

Di Realino ada pelatihan2 untuk semua penghuni dalam hal berorganisasi kemasyarakatan, latihan menjadi leader yang efektip, memahami teknik dan cara memimpin rapat, memahami teknik ber presentasi, teknik berdiskusi. Dari awal masuk Realino saya mendapatkan latihan yang membuat saya percaya diri dalam menjalankan dua tugas. Sikap saya menjadi kritis.

Di Fakultas Teknik, saya aktif di Komisariat Dewan Mahasiswa Teknik UGM dan berteman dengan mahasiswa HMI. Menurut saya mahasiswa HMI itu militant dan memperlihatkan signal mau berkawan dengan mahasiswa PMKRI. Kami menyatu untuk menghadapi mahasiswa beraliran kiri CGMI dan mahasiswa nasionalis GMNI. Situasi rapat KODEMA FT UGM selalu ramai dan menegangkan. PMKRI dan HMI bersatu, melawan CGMI. GMNI merasa kuat jadi dia tidak mencari kawan.

Shal 328Saya belajar dan melaksanakan politik praktis di usia 19 tahun, dengan ruang lingkup di Fakultas Teknik UGM ditahun 1965. Saya dikenal sebagai aktifis PMKRI di Fakultas Teknik UGM. Ruang lingkup yang masih kecil. Jabatan yang saya sandang ada 3 yaitu Ketua PMKRI untuk Wilayah Sekip UGM, Ketua Umum Asrama Realino yang diasuh oleh pastor Jesuit, Ketua III Komisariat Dewan mahasiswa untuk Fakultas Teknik UGM.  Sampai lulus Ir tahun 1970, saya aktif di lingkungan Fakultas Teknik UGM.

Kegiatan saya memang seabreg-abreg, yang difokuskan waktu itu adalah melawan komunis, melawan kegiatan mahasiswa komunis yaitu CGMI, dengan bendera yang saya pegang adalah PMKRI.

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

