Ibunda (9) – Ibuku memberi tugas memasak

Kesan dari Sri Ratna putri no 7, kepada ibunda yang berulang tahun ke 90.

Saya dipanggil Nunuk tinggalnya tidak selalu menetap di Indonesia, karena mengikuti tugas suami yg seorang Diplomat. Tidak banyak yg saya rasakan bersama Ibunda tercinta yg berkesan setelah saya berkeluarga, ya..karena pindah2 tinggalnya.

Tetapi saya mau berbagi kesan yg paling saya ingat sewaktu saya masih duduk di bangku sekolah SMP Keluarga Pati. Saya selalu ditugaskan oleh Ibuk untuk menyiapkan makanan tambahan atau snack di sore hari. Untuk semua mbak2 dan mas2 dan semua adik2. Itulah hebatnya ibuk saya, mampu menjaga agar anak2nya mendapat makanan yang bervitamin, berenergi dan bermanfaat bagi tubuh yang sedang bekembang. Di Pati belum ada McDonald, belum ada KFC, belum ada 7 Eleven. Semua dikerjakan sendiri. Dan saya bertanggung jawab untuk menyediakan makanan tambahan. Dari sini hobi memasak saya berkembang. Terima kasih Ibuk.

Untuk menghemat biaya saya masak bubur kacang ijo atau bubur ketan hitam atau kolak. Setelah saya selesai masak lalu saya menyiapkan gelas2 sejumlah yang ada dirumah lalu saya mulai membagi. Makanan tambahan tsb terserah kami masing2 apakah mau dimakan langsung sore itu atau untuk nanti saat tengah2 belajar.

Kalau musim ulangan2 Ibuk selalu memberikan anak2 makanan tambahan. Kadang juga beli getuk atau tape di Pasar Plangitan atau beli jajanan Ndog gludug. Ndog gludug adalah makanan khas Pati, dibuat dari kedele campur kacang hijau direbus dulu lalu dibulat-bulatin ditambah gula jawa dan digoreng.

Hayooo masih pada ingat gak makanan itu ? Waaahh..waaahh..seneng nya ya, ada makanan enaaakk. Yang paling senang makan dik Andre, dik Kris dan dik Ciput, ketiga anak sedang tumbuh, banyak berolah raga, banyak beraktifitas dan bergerak, jadinya perut ketiga anak itu selalu lapar. Mau jajan tidak punya uang, tidak ada pilihan lain kecuali menunggu saya memasak makanan tambahan untuk ketiga adik laki2ku, yang ceria, sehat dan lucu. Selesai makan bubur kacang hijau, wajah menjadi lebih cerah, menjadi lebih semangat dan tertawa-tawa cengingisan karena enaknya. Kalau laparnya berat, jumlah yang saya masak tidak cukup, terus melapor ke ibu, bahwa kok masaknya sedikit. Padahal saya sudah masak banyak. Ibu hanya senyum2 sabar dan mengelus elus kepala adik Ciput, dengan janji beso akan diperbanyak jumlahnya. Saya sangat menikmati suasana yang indah dan manis, baru sekarang timbul ditulisan ini.

Makanan tambahan, akan menambah kami semangat belajar kalau sedang ada ulangan. Keceriaan dan rasa senang selalu nampak di kami semua. Tidak ada iri-irian, tidak ada menang-menangan, bapak dan ibu mengajarkan agar selalu toleran dan berbuat baik kepada saudara dan teman diluar. Jangan mencari musuh tetapi mencari teman sebanyak-banyaknya. Hargailah pendapat saudara dan teman, walau kadang kurang sreg.

Saya juga teringat dulu kalau Ibuk datang ke Jakarta , Ibuk kami ajak ke Mangga Dua .. woooww…Ibu senang sekali dan tidak merasa capek dari pagi hingga sore lo. Hebat sekali Ibunda kita ini senangnya bershopping ria. Oh jadinya saya tahu bahwa kesenangan shopping para putra putri ibu itu menurun ke kami semua. Baik yg laki2 maupun yg perempuan semua senangnya shopping.

Di hari yg bahagia sekali dan special untuk Ulang Tahun Ibuk yg ke 90 ini, saya selalu memohon agar Ibunda diberkati Tuhan untuk selalu sehat, bahagia dikelilingi anak, mantu, cucu , cucu mantu dan cicit.

Ibuk telah memelihara / mendidik kita semua, kami mengikuti teladan Ibuk yg diajarkan ke kami, kami ajarkan / kami turunkan ke anak2 kami.

Bunda Maria Pelindung keluarga besar Diponegoro 108 Pati selalu beserta kita semua amiiinn..

Image

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s