Komodo (3) – Treking di pulau Komodo.

IMG_8591IMG_8599IMG_8660 IMG_8688 IMG_8687 IMG_8686IMG_8661

Kami tidur di kapal cruise pinisi 6 kamar ini, wah ributnya suara mesin. Ditambah bau solar benar2 mengganggu kenyamanan tidur. Tiada masalah sih bagi kami berdua tetapi banyak yang memilih mengungsi tidur di dek kapal. Jam 4 saya sudah bangun, untuk sholat.  Kapal berhenti sepanjang malam selama kami tidur, berlainan dengan kapal cruise yang malah berlayar ketika kami beristirahat. Jadi kapal Indonesia solider dengan manusianya, sama-sama istirahat di malam hari.

Ada satu fenomena alam yang menarik hati yang diperkenalkan Ondo. Terbangnya sejuta kalong keluar dari sarangnya di senja hari setelah matahari terbenam. Ratusan kalong terus keluar seperti semburan air selama 20an menit tak berhenti sedetikpun, kapal kemudian berjalan lagi mendekati Pulau Komodo. Kami mulai trekking setelah selesai sarapan pagi, yakni jam 7 teng. Anak-anak IBM memang tepat waktu, mudah diatur. Kapal pinisi ini tak kalah dengan kapal cruise pelayanannya, yakni mereka juga punya tender, sekoci untuk mengangkut penumpang dari kapal ke pantai pp.

Trekking di Pulau Komodo ini hasil nya lumayan daripada di Pulau Rinca kemarin sebab kami berjumpa dengan 2 ekor komodo yang sedang melakukan penyamaran, pura-pura jadi batang pohon mati, tak bergerak, namun siap mengintai mangsanya kalau-kalau ada yang mendekat. Akan halnya bau manusia, apalagi kakek nenek uzur yang alot, engga makanan kata mereka. Trekking hari ini mengambil route yang medium, tidak terlalu berat, tidak terlalu sulit medannya.

Snorkeling site ketiga ini memang top markotop selain mudah aksesnya, artinya beberapa meter saja dari pantai, taman lautnya sudah aduhai. Namun arusnya memang deras dan terasa sekali ketika hari semakin siang. Ongkos trip ke Kepulauan Komodo terbayar lunas disuguhi pemandangan. Kami berenang di atas air laut di pantai itu dan melihat ke bawah seperti sedang ada di akuarium raksasa. Puluhan jenis ikan berwarna-warni yang indah serta terumbu karang yang hidup menerpa mata dari spot yang satu ke yang lain.

Setelah sekitar 2 jam snorkeling, kami kembali ke kapal untuk makan siang bersama. Di pinisi ini, makanan cem-macem lauk dimasak  ABK. Menu makan siangnya, chicken snitzel alias ayam goreng tepung, sayur gocai yakni sekitar 5 macam sayuran dicah, tahu tempe masak tomat, ikan teri asin pakai cabe, yang terakhir bukan disiapkan chef kapal tapi dibawa salah satu dari kami.

Setelah makan, snorkeling kembali. Yang kedua hari ini di dekat Pulau Sebayur. dan snorkeling di Kanawa Resort. Resort ini sederhana tampaknya dibandingkan dengan yang di Raja Ampat dan menurut Ondo kepunyaan orang Itali. Jelas tamunya yang terlihat disana-sini bule semuanya. Kata Ondo lagi, ongkos nginap di resort
tersebut cuma Rp 200 ribu per orang per malam. Snorkeling di pantai resort ini so-so untuk ukuran Kepulauan Komodo.

Jam 7 malam, dinner keluar, nasi dengan lauk pauk ikan bakar, terong cah tomat dan bawang, bakmi goreng dan sayur urap. Tiada appetizer dan dessert, chef kapal Padaelo sudah kecapean. Sebagai gantinya, kami isi dengan gosip-gosip anak-anak exIBM yang tidak ikutan trip, termasuk mantan bos-bos kami yang lucu-lucu, termasuk bos bule-bule kami. Video Klik

_DSC1940 _DSC1936

IMG_8527 IMG_8448 002

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

_DSC1854 IMG_8688 IMG_8600 IMG_8808 IMG_8809

About Gufron Sumariyono

Born in Pati, Central Jawa on Nov 5, 1945. Retired in 2004. Joined ESQ group. Executive of LK ESQ and Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa. Believe in the Islamic Socio Economic Concept.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s